Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Pupuk Indonesia Pacu Program Agro Solution

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 08 April 2021 - 14:23:00 WIB
Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Pupuk Indonesia Pacu Program Agro Solution
Pupuk Indonesia mengembangkan program Agro Solution guna mendorong produktivitas pertanian. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - PT Pupuk Indonesia (Persero) mengembangkan program Agro Solution guna mendorong produktivitas pertanian. Hal ini sekaligus menjawab kebutuhan petani untuk memperoleh keuntungan.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman menjelaskan, melalui program ini perusahaan berusaha meningkatkan produktivitas pertanian, menambah penghasilan petani serta mengedukasi petani meskipun menggunakan pupuk non-subsidi, tetap bisa memperoleh keuntungan. "Kami memberikan pendampingan secara komprehensif dalam budidaya tanaman padi oleh petani, baik melalui kegiatan off farm maupun on farm, dan melibatkan multi stakeholder," ujar Bakir dalam keterangannya, Kamis (8/4/2021).

Pada kegiatan off farm, lanjut Bakir, program Agro Solution memberikan akses permodalan kepada petani melalui perbankan, jaminan atas risiko gagal panen oleh perusahaan asuransi, serta kepastian pembelian hasil panen oleh trader atau offtaker. Sedangkan di on farm, Pupuk Indonesia menyediakan produk input pertanian non-subsidi berkualitas, baik itu pupuk, benih, pestisida dan lain sebagainya. 

Di samping itu juga memberikan kawalan teknologi dan bimbingan teknis budi daya pertanian. Bakir mengungkapkan, telah banyak success story yang dicatat dari program ini. 

Sejauh ini, pilot project program Agro Solution telah membukukan hasil positif di Banyuwangi, Jember, Bima, Dompu, Ponorogo, Magetan, Madiun dan Tuban. Di wilayah-wilayah tersebut, program Agro Solution telah dilaksanakan di 2.815 hektare lahan dan melibatkan 2.078 orang petani.

Tercatat, terjadi peningkatan rerata panen gabah kering sebesar 55,8 persen dan jagung kering sebesar 45 persen pada wilayah-wilayah tersebut. Keuntungan petani pun turut meningkat. Peningkatan keuntungan dari panen gabah kering sebesar 91 persen dan dari jagung kering sebesar 60 persen. 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2