Tips Memilih KOL yang Tepat untuk Bisnis
JAKARTA, iNews.id - Key Opinion Leader (KOL) merupakan salah satu instrumen yang tidak terpisahkan dari promosi atau marketing bisnis dan perusahaan. Kehadiran KOL sangat dibutuhkan sebagai salah satu upaya meningkatkan brand awareness.
KOL Management Specialist Rizal Ramadhan mengungkapkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam memilih dan menentukan KOL untuk memasarkan produk mereka. Pertama, menyesuaikan KOL dengan budget yang disiapkan.
“Perusahaan tentu kalau menggunakan KOL sudah menyiapkan budget. Ini tergantung dengan budget yang disiapkan masing-masing perusahaan,” kata dia dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Selasa (27/6/2023).
Rizal melanjutkan, ada perbedaan strategi yang harus diterapkan dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Misalnya, perusahaan telah menyiapkan budget sebesar Rp70 juta untuk menggunakan KOL, maka lebih baik mengedepankan aspek kuantitas. Artinya, perusahaan disarankan menggunakan lebih banyak KOL mikro atau belum memiliki banyak followers.
Dengan budget tersebut, perusahaan setidaknya bisa menggaet 30 hingga 40 KOL mikro. Dengan begitu promosi yang dilakukan bisa terus berjalan dan semakin meningkatkan brand awareness.