Tol Pekanbaru-Dumai Dibuka Penuh dalam Waktu Dekat

Djairan ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 20:46 WIB
Tol Pekanbaru-Dumai Dibuka Penuh dalam Waktu Dekat

Gerbang Tol Pekanbaru. (Foto: Humas PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Jalan tol Pekanbaru-Dumai beroperasi sebentar lagi. Sampai saat ini, progres pembangunan jaringan Tol Trans Sumatra itu sudah mencapai 99 persen.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebut, saat ini jalan tol itu sedang dilakukan uji laik fungsi (ULF) dari seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) hingga seksi 6 (Duri Utara-Dumai).

Basuki menilai, kehadiran tol sepanjang 131 kilometer (km) ini akan memperpendek jarak tempuh dari Pekanbaru ke Dumai. Pasalnya, jalan nasional yang menghubungkan kedua kota itu mencapai 200 km.

"Saya kira truk pengangkut bahan seperti sawit bisa pindah menggunakan jalan tol dengan pertimbangan hitungan waktu. Dengan tol ini, pengguna dapat menghitung waktu perjalanan bahan dari asal sampai ke pabrik," kata Basuki melalui keterangan tertulis, Jumat (10/7/2020).

Tol Pekanbaru-Dumai terdiri atas enam seksi, yakni Seksi I Pekanbaru-Minas (9,5 km), Seksi II Minas-Petapahan (24,1 km), Seksi III Petapahan-Kandis Utara (16,9 km), Seksi IV Kandis Utara-Duri Selatan (26,25 km), Duri Selatan-Duri Utara (29,4 km), dan Seksi VI Duri Utara-Dumai (25,44 km).

"Tol ini dilengkapi dengan 10 Tempat Peristirahatan dan Pelayanan (TIP), yang terdiri dari 5 TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 TIP lainnya arah Kota Dumai," ujarnya.

Basuki mengatakan, kehadiran jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju.
Diharapkan, tol tersebut dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dikerjakan sejak Juli 2017 dengan skema penugasan kepada PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai investasi mencapai Rp16,21 triliun. Seksi I ruas Pekanbaru-Minas sudah dibuka secara fungsional Mei 2020.

Hingga kini jalan Tol Trans Sumatra sudah beroperasi sepanjang sepanjang 467,6 km. Ruas tersebut yakni Bakauheni-Terbanggi Besar 141 km, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km, Palembang-Indralaya 22 km, Medan-Binjai 10,46 km, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi 62,2 km dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa 43 km.

Editor : Rahmat Fiansyah