Tombo Kangen Gak Mudik, Sri Mulyani Kenang Sepedaan Bareng Jokowi di Semarang

Suparjo Ramalan · Selasa, 11 Mei 2021 - 13:38:00 WIB
Tombo Kangen Gak Mudik, Sri Mulyani Kenang Sepedaan Bareng Jokowi di Semarang
Menkeu Sri Mulyani, Menlu Retno Marsudi, dan Presiden Jokowi sepedaan di Semarang pada akhir 2019. Foto: Instagram Sri Mulyani

JAKARTA, iNews.id - Kebijakan larangan mudik diberlakukan sejak 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang. Karena kebijakan tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pun tidak mudik ke kampung halamannya. 

Dalam akunnya di Instagram, Menkeu mengatakan bahwa tahun ini tidak mudik Lebaran karena Covid-19 masih mengancam. Adapun keputusan pemerintah memberlakukan larangan mudik adalah untuk menekan penyebaran Covid-19 dan mencegah jumlah kasus bertambah setelah libur panjang. 

"Tahun ini kembali kita tidak mudik Lebaran, karena Covid 19 masih mengancam seluruh dunia. Keselamatan bersama adalah utama," tulisnya, beberapa waktu lalu. 

Namun untuk mengobati rasa kangen pada kampung halaman, mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini mengunggah foto ketika naik sepeda bersama dengan Presiden Jokowi, sejumlah menteri, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang pada akhir 2019 lalu. 

"Untuk tombo kangen, nikmati foto kunjungan ke Semarang Desember 2019. Naik sepeda bersama Presiden @jokowi Menlu @retno_marsudi pak Basuki dan pak Pratikno mas Wisnutama dan Gubernur @ganjar_pranowo," tuturnya. 

"Diiringi lagu “Banyu Langit” oleh alm Didi Kempot: “ngalemo..ngalem neng dodoku, Tambanono roso kangen neng atiku..” Pelihara hati agar terus “lerem”," imbuhnya. 

Sekadar informasi, Semarang memiliki tempat tersendiri bagi Sri Mulyani. Dia menjalani masa kecil dan remajanya dengan bahagia di kota tersebut. 

"Semasa SMP dan SMA, naik sepeda sepanjang jalan Pemuda dan jalan Kalisari menikmati jalan rindang dipayungi pohon Asam, hiking di Gunung Pati, Gashuku Semarang, Ungaran, belanja di pasar Bulu dan Dugderan di pasar Johar, main dan makan di Simpang Lima," ungkapnya tahun 2020 lalu di Instagram.

Sementara di masa pandemi dan larangan mudik tahun ini, Sri Mulyani berpesan kepada masyarakat untuk terus khusyuk menyelesaikan ibadah puasa Ramadan, dan terus berdoa agar Allah SWT selalu memberikan kekuatan dalam menghadapi tantangan Covid-19 dan semoga Allah SWT segera mengangkatnya dari muka bumi. 

"Insyallah kita mencapai kesucian kembali di hari raya Iedul Fitri," ujarnya. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: