Transaksi GT Palimanan Ditiadakan, Tol Cikampek-Kalikangkung Segini Tarifnya

Iqbal Dwi Purnama · Senin, 25 April 2022 - 16:32:00 WIB
Transaksi GT Palimanan Ditiadakan, Tol Cikampek-Kalikangkung Segini Tarifnya
Transaksi GT Palimanan ditiadakan, tol Cikampek-Kalikangkung segini tarifnya. (Foto: Istimewa) 

JAKARTA, iNews.id - Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyederhanakan transaksi di gerbang tol dengan mengalihkan transaksi di Gerbang Tol (GT) Palimanan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, bagi pemudik yang melakukan perjalanan jauh (menerus) menuju Semarang dan sekitarnya, maka pembayaran tarif untuk Jalan Tol Cipali akan dilakukan di GT Kalikangkung.

Penerapan pengalihan transaksi ini sudah diujicobakan pada 22 April 2022 mulai pukul 06.00 WIB. 

Corporate Communication and Community Development Group Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, dengan adanya pengalihan transaksi tersebut, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dengan perjalanan menerus dari arah Jabotabek menuju ke Trans Jawa atau sebaliknya untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik yang digunakan. 

“Dengan adanya penggabungan tarif karena dialihkannya transaksi dari GT Palimanan, maka jumlah tarif kumulatif yang akan dikenakan kepada pengguna jalan dari GT Cikampek Utama sampai dengan GT Kalikangkung adalah Rp357.500," kata Heru dalam keterangannya, dikutip Senin (25/4/2022).

Sementara itu, besaran tarif untuk pengguna jalan sebaliknya dari arah GT Kalikangkung sampai dengan GT Cikampek Utama sebesar Rp372.000. Jumlah tarif ini sudah termasuk tarif terjauh untuk Jalan Tol Cipali sebesar Rp119.000.

Diharapkan dengan rekayasa lalu lintas dan pemberlakukan sistem transaksi ini lalu lintas arus mudik dan balik Lebaran 2022 dapat lancar dan tidak ada hambatan. 

Pengguna jalan diimbau untuk mempersiapkan diri sebelum berkendara, dengan mengisi uang elektronik, mengisi penuh BBM, mengecek kondisi kendaraan dan semua kelengkapan lainnya serta mematuhi aturan lalu lintas dengan berkendara minimal 60 km per jam dan maksimal 100 km per jam.

Di samping itu, jika terjadi kepadatan di rest area pengguna jalan dapat keluar di gerbang tol terdekat. Selain untuk beristirahat atau mengisi BBM juga dapat menikmati wisata kuliner dan obyek wisata yang berada di sepanjang rute yang dilalui.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda