Transfer Saham Senilai 1,8 Miliar Dolar AS ke Mantan Istri, Bill Gates Tetap Orang Terkaya ke-4 Dunia

Jeanny Aipassa ยท Kamis, 06 Mei 2021 - 09:02:00 WIB
Transfer Saham Senilai 1,8 Miliar Dolar AS ke Mantan Istri, Bill Gates Tetap Orang Terkaya ke-4 Dunia
Bill Gates

WASHINGTON, iNews.id - Bill Gates dilaporkan telah mentransfer saham senilai 1,8 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp25,926 triliun kepada mantan istrinya, Melinda Gates. Meski jumlah kekayaannya berkurang, pendiri Microsoft itu, diperkirakan tetap menjadi orang terkaya ke-4 dunia. 

Pada Kamis (5/5/2021), Forbes melaporkan, Bill Gates dan Melinda Gates sudah membagi harta gono-gini dalam perkawinan mereka, tepat di hari pengumuman perceraian keduanya, Senin (3/5/2021). 

Perusahaan investasi Cascade Investment, dilaporkan telah mentransfer 1,8 miliar dolar AS dalam bentuk saham kepada Melinda Gates. Dalam dokumen gugatan perceraian ke pengadilan, Melinda Gates dilaporkan menerima 2,94 juta saham AutoNation dan 14,1 juta saham Canadian National Railway Co, yang masing-masing bernilai 309 juta dolar AS atau Rp4,450 triliun dan dan 1,5 miliar dolar AS atau Rp21,605 triliun.

Transfer saham tersebut, mengurangi kekayaan bersih Bill Gates, yang turun menjadi sekitar 128,6 miliar dolar AS atau Rp1.852 triliun dari 130,4 miliar dolar AS atau Rp1.878 triliun.

"Bahkan setelah transfer sepuluh digit kepada mantan istrinya, pendiri Microsoft (Bill Gates, Red) tetap menjadi orang terkaya keempat di dunia," bunyi laporan Forbes.

Bill Gates menggunakan Cascade Investment, sebuah perusahaan induk yang berbasis di Kirkland, Washington, untuk mengelola keuangannya, termasuk hasil penjualan saham Microsoft. 

Sebagai pendiri Microsoft, Bill Gates pada satu titik memiliki bagian yang signifikan dari perusahaan itu, namun telah menjual sebagian besar saham miliknya dan diserahkan kepada Bill&Melinda Gates Foundation. Saat ini, Bill Gates hanya memegang kurang dari 1 persen saham Microsoft.

Pengalihan saham hampir pasti merupakan bagian dari penyelesaian perceraian Bill Gates dan Melinda Gates. Meskipun tidak jelas apakah mereka menandatangani perjanjian pranikah, menurut dokumen pengajuan perceraian mereka, Bill Gates dan Melinda Gates meminta hakim di Negara Bagian Washington untuk membagi aset mereka berdasarkan ketentuan kontrak perceraian yang telah disepakati keduanya. 

Forbes melaporkan, persyaratan kontrak tidak diungkapkan secara rinci. Bill Gates mungkin juga telah mengalihkan aset lain ke Melinda Gates dalam transaksi nonpublik.

Editor : Jeanny Aipassa