UMKM Ini Lolos Seleksi BRI UMKM EXPORT 2025 Berkat Inovasi Reed Diffuser, Berikut Kisahnya
TANGERANG, iNews.id - Pelaku UMKM SWR berhasil lolos seleksi ketat dalam BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Hal itu berkat inovasi produk reed diffuser atau pengharum ruangan.
Menurut Pemilik SWR, Deddy Suwardi produk ini adalah usaha kedua setelah ia membangun tempat cuci mobil (car wash). Ia kemudian mempunyai ide membuat produk wewangian untuk mobil dan dikreasikan ke pengharum ruangan.
"Saya 100 persen buat sendiri karena saya uji coba sendiri, untuk bahan bakunya saya cari sendiri, uji coba, reed diffuser ini kan butuh waktu," ujar Deddy saat ditemui iNews Media Group di BRI UMKM EXPO(RT), Kamis (30/1/2025).
Setelah punya lima varian reed diffuser, Deddy berencana untuk menambah dan membuat varian premium. Perkembangan ini menurutnya tak jauh dari masukan para konsumen setia yang selalu bertanya produk.
Usai berpartisipasi dalam BRI UMKM EXPO(RT) 2025, Deddy menyampaikan rencana ekspansi SWR ke pasar global dalam dua tahun ini.
"Rencana ekspor 2026, memang target saya masukin ke semua store dan saya bermain di pameran seperti BRI UMKM EXPO(RT), jadi saya iklannya di pameran," tutur dia.
BRI membuka jalan bagi SWR, Deddy juga akan membawa produknya bagi konsumen sekitar pelabuhan. Hal ini karena bisa menggaet pasar baru di hulu dan hilir.
Dari sisi omzet, secara bulanan SWR bisa meraup Rp7-12 juta secara neto dan Rp18 juta omzet kotornya.
Dalam pameran yang diusung BRI pada 2023 silam di JCC Senayan selama 4 hari, SWR sendiri meraih omzet mencapai Rp15-20 juta. Sedangkan target omzet di BRI UMKM EXPO(RT) kali ini, Deddy memasang angka Rp50 juta.
"Untuk ICE BSD mungkin Rp40 juta sampai Rp50 juta. Jadi waktu pameran pun eksposur di online meningkat," ucap Deddy.
Tahun ini, sebanyak 1.000 UMKM terbaik berhasil lolos seleksi ketat setelah melalui proses selama satu bulan (4 November – 7 Desember 2024). Setelah melalui proses seleksi yang ketat selama satu bulan, pada akhirnya sebanyak 1.000 UMKM unggulan berhasil terpilih dan akan dipamerkan dalam lima kategori utama, yaitu Home Decor & Craft (153 UMKM), Food & Beverage (358 UMKM), Accessories & Beauty (181 UMKM), Fashion & Wastra (273 UMKM), dan Healthcare & Wellness (35 UMKM).
Editor: Puti Aini Yasmin