UMKM Mau Beralih ke Digital Marketing? Ini Tips dari Nancy Craft Co
JAKARTA, iNews.id – Digitalisasi bisnis bagi UMKM menjadi kian penting saat ini. Apalagi selama pandemi Covid-19, proses tersebut sangat membantu mengatasi masalah ruang dan waktu yang dihadapi para pengusaha dan pembeli (buyer) saat bertransaksi.
BRI, selaku bank penyalur kredit terbesar bagi UMKM di Tanah Air, juga gencar mengedukasi para pelaku usaha untuk bertransformasi ke arah ekonomi digital. Wadah atau programnya pun amat beragam, mulai dari Rumah BUMN, BRIlianpreneur, BRIncubator Go Global, dan masih banyak lagi.
Salah satu peserta BRIlianpreneur 2021 yang juga Direktur Nancy Craft Co, Regina Kindangen menuturkan, transformasi bisnis ke arah digitalisasi dewasa ini sudah menjadi keniscayaan. Namun, proses tersebut juga mesti disesuaikan dengan kondisi masing-masing usaha.
“Dengan beragamnya kondisi setiap perusahaan, maka kapasitas dan skala yang harus dilakukan (dalam digilitasasi bisnis) itu pun menjadi beragam,” ujarnya kepada iNews.id, belum lama ini.
Regina menyarankan para pelaku UMKM agar lebih dulu fokus pada pengembangan usaha dan peningkatan kapasitas. Pengusaha, kata dia, tidak perlu tergesa-gesa berpikir untuk merambah semuanya pada saat yang bersamaan.
“Kerjakan segala sesuatunya step by step, fokus pada setiap tahap yang akan Anda kerjakan itu,” ucapnya.
“Jika pada saat ini Anda belum memiliki produk yang baik, atau; masih kurang kapasitas, kurang desain, dan kurang kualitas, maka Anda harus fokus untuk memperbaiki dan mengembangkan usaha Anda lebih dulu, ketimbang mengembangkan digital marketing Anda,” kata Regina.
Berikutnya, ketika kualitas produk sudah cukup baik dan kapasitas usaha sudah mumpuni, barulah pelaku UMKM bisa mengembangkan usahanya secara digital. Dengan memanfaatkan teknologi digital, pengusaha diharapkan bisa naik kelas.