Unilever Indonesia Raup Laba Bersih Rp1,2 Triliun di Kuartal III 2025, Melesat 117 Persen
TANGERANG, iNews.id - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mencatatkan kinerja positif dengan laba bersih mencapai Rp1,2 triliun pada kuartal III 2025. Realisasi tersebut naik 117 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Unilever Indonesia membukukan penjualan bersih sebesar Rp9,4 triliun, meningkat 12,4 persen secara tahunan dan 7,7 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.
Margin kotor UNVR tercatat sebesar 49,2 persen, meningkat 366 basis poin dibandingkan tahun lalu dan naik 115 basis poin dari kuartal sebelumnya. Laba sebelum pajak naik 16,2 persen.
Perseroan mencatat penjualan domestik tumbuh 12,7 persen pada kuartal ketiga 2025, seiring dengan volume penjualan yang meningkat di seluruh unit bisnis.
Belanja iklan dan promosi UNVR juga tercatat stabil di angka 8,8 persen dari total penjualan bersih.
Presiden Direktur Unilever Indonesia, Benjie Yap menuturkan, kinerja positif pada kuartal ini menjadi langkah nyata dalam pemulihan bisnis perusahaan.
“Kami mulai melihat dampak positif dari perubahan struktural dan langkah disiplin yang telah kami ambil selama setahun terakhir,” ucap Benjie dalam keterangannya, Kamis (23/10/2025).
Benjie menambahkan, momentum pertumbuhan ini dibangun di atas fondasi bisnis yang lebih kuat dan eksekusi yang lebih tajam di tengah dinamika pasar.
“Pencapaian ini memberikan keyakinan bahwa kami berada di jalur yang tepat, membangun momentum yang bertanggung jawab, menguntungkan, dan berkelanjutan,” tuturnya.
Sedianya UNVR memiliki tiga pilar utama, yaitu category (kategori), channel (saluran), dan cost (biaya). Dari sisi kategori, perseroan mendorong peralihan portofolio produk yang punya pertumbuhan tinggi.
"Ini memberikan kontribusi sebesar 9,3 persen terhadap penjualan Home & Personal Care (HPC) untuk tahun berjalan September 2025, meningkat 23 persen dibandingkan kuartal pertama 2025," ucapnya.
Di sisi distribusi, UNVR fokus menjaga stabilitas harga, memperluas jangkauan ritel hingga 18 persen, dan meningkatkan tenaga penjualan sebesar 19 persen.
Selain itu, Unilever mengembangkan platform digital Sahabat Warung untuk memperkuat hubungan dengan pelaku usaha ritel kecil.
Editor: Aditya Pratama