Untung Rugi RI Beli Minyak Rusia, Stabilkan Harga BBM hingga Dikritik Negara G7

Mochamad Rizky Fauzan ยท Sabtu, 27 Agustus 2022 - 16:41:00 WIB
Untung Rugi RI Beli Minyak Rusia, Stabilkan Harga BBM hingga Dikritik Negara G7
Terdapat untung rugi jika Indonesia membeli minyak dari Rusia, mulai dari menstabilkan harga BBM hingga dikritik negara G7. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Rusia tengah mendapatkan sanksi internasional akibat invasi ke Ukraina. Akibatnya, Rusia tidak bisa melakukan transaksi perdagangan seperti biasa. 

Salah satu dampak dari sanksi internasional ini adalah terpangkasnya harga minyak mentah Rusia. Terkait hal itu, Indonesia berencana untuk membeli minyak mentah dari Rusia, sepert yang diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Pengamat Hubungan Internasional dari Universitas Padjajaran (Unpad) Teuku Rezasyah melihat bahwa jika Indonesia membeli minyak mentah dari Rusia akan mendapatkan kritikan dari negara-negara G7

Negara G7 beranggotakan Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, dan Prancis. Indonesia sendiri hadir sebagai negara mitra G7.

Menurutnya, hal ini dapat membuat negara G7 menolak produk-produk asal Indonesia, sehingga memperlemah ekonomi nasional, dan mempersulit pencarian pasar baru. 

"Negara G7 dan sekutu global mereka akan menganggap RI merapat ke Rusia, dan mengingkari Resolusi Majelis Umum PBB, dimana Republik Indonesia (RI) setuju Rusia melanggar kedaulatan Ukraina," ujar Rezasyah saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu (27/8/2022).

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda