Vatikan Punya 5.000 Properti di Seluruh Dunia

Aditya Pratama ยท Minggu, 25 Juli 2021 - 20:00:00 WIB
Vatikan Punya 5.000 Properti di Seluruh Dunia
Sejumlah orang menyaksikan Paus Fransiskus memimpin doa Angelus dari jendela di Lapangan Santo Petrus, Vatikan (25/10/2020). Foto: Reuters

VATIKAN, iNews.id - Vatikan mengungkapkan kepemilikan properti untuk pertama kalinya pada Sabtu (24/7/2021) waktu setempat. Mereka menyatakan memiliki lebih dari 5.000 properti di seluruh dunia, mayoritas berada di Italia. 

Informasi tersebut tercantum dalam dua dokumen, yakni laporan keuangan konsolidasi tahun 2020 untuk Takhta Suci dan anggaran publik perdana untuk Administrasi Warisan Takhta Suci (APSA). APSA merupakan kantor akutansi umum yang mengelola properti dan invstasi, membayar gaji, dan bertindak sebagai kantor pembelian dan departemen sumber daya manusia (SDM). 

Dokumen APSA setebal 30 halaman menunjukkan Vatikan memiliki 4.051 properti di Italia dan sekitar 1.120 properti di luar negeri. Namun jumlah itu, tidak termasuk keduataan besarnya di seluruh dunia.

Adapun sekitar 14 persen dari propertinya di Italia disewakan dengan harga pasar, sementara yang lain disewakan dengan potongan harga karena banyak ditempati karyawan Gereja. Sedangkan sekitar 40 persen adalah bangunan institusional, seperti sekolah, biara, dan rumah sakit.

Dokumen itu menunjukkan Vatikan memiliki properti sebagai investasi yang berlokasi di daerah elit London, Jenewa, Lausanne, dan Paris. Namun satu bangunan di distrik South Kensington, London mengalami kerugian besar setelah dibeli oleh Sekretariat Negara Vatikan sebagai investasi pada 2014. 

"Bangunan itu akan segera dijual," kata Kepala Sekretariat Vatikan Bidang Ekonomi (SPE) Pastor Juan Antonio Guerrero, dikutip dari Reuters, Minggu (25/7/2021).

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2