Viral Perbandingan Warna Pertalite Lama dan Baru, Ini Penjelasan Pertamina 

Mochamad Rizky Fauzan · Senin, 26 September 2022 - 08:14:00 WIB
Viral Perbandingan Warna Pertalite Lama dan Baru, Ini Penjelasan Pertamina 
Viral di media sosial Facebook sebuah unggahan foto yang membandingkan warna Pertalite lama dan baru. (Foto: Facebook/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Viral di media sosial Facebook sebuah unggahan foto yang membandingkan warna Pertalite lama dan baru. Dalam unggahannya, pengguna Facebook melampirkan foto perbedaan Pertalite, yang satu berwarna hijau pekat, sedangkan satu lagi hijau muda.

Foto tersebut dinarasikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Masih dari unggahan tersebut juga disebutkan bahwa BBM tersebut saat ini makin boros.

Menanggapi hal tersebut, PT Pertamina (Persero) membantah warna yang terdapat pada Pertalite menyebabkan keborosan penggunaan BBM jenis tersebut. Bantahan itu untuk meluruskan kabar hoaks yang beredar belakangan ini tentang perbedaan warna Pertalite lama dan baru.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan, perbedaan warna pada BBM tidak ada kaitannya dengan boros atau tidaknya penggunaan BBM.

"Warna yang diberikan pada BBM hanya untuk pembeda, tidak ada kaitannya dengan boros tidaknya dalam penggunaan BBM," ujar Irto dalam keterangannya, Senin (26/9/2022).

Irto pun memastikan, Pertamina tidak mengubah kualitas Pertalite yang merupakan BBM jenis RON90. Menurutnya, Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

"Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal)," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda