Warren Buffett Jualan Saham, Lepas Chevron dan Wells Fargo

Aditya Pratama ยท Selasa, 18 Mei 2021 - 08:05:00 WIB
Warren Buffett Jualan Saham, Lepas Chevron dan Wells Fargo
Investor legendaris Warren Buffett. (Foto: Reuters)

OMAHA, iNews.id - Berskhire Hathaway, perusahaan investasi miliarder Warren Buffett, melakukan penyesuaian (rebalancing) pada portofolio investasinya. Buffett membeli saham asuransi dan melepas sebagian saham energi dan keuangan.

Dikutip dari Reuters, Selasa (18/5/2021), salah satu pembelian yang signifikan dari rebalancing itu yakni saham Aon Plc. Sebagian saham perusahaan asuransi AS itu dibeli senilai 943 juta dolar AS atau setara Rp1,3 triliun.

Selain itu, Berskhire melepas saham Chevron dan Wells Fargo & Co. Kepemilikan kecil pada saham Suncor Energy dan Sychrony Financial juga dilepas.

Penyesuaian tersebut menjadi indikasi bahwa Buffett dan manajer investasinya, Todd Combs dan Ted Weschler mulai khawatir akan valuasi saham yang kemahalan.

Sepanjang kuartal I-2021, Berskhire menjual saham senilai 6,45 miliar dolar AS dan membeli 2,57 miliar dolar AS. Artinya, perusahaan menjual secara netto sebesar 3,88 miliar dolar AS. 

Aksi penjualan itu membuat posisi kas Berskhire semakin gemuk menjadi 145,4 miliar dolar AS. Jumlah tersebut setara Rp2.000 triliun dengan asumsi kurs Rp14.000 per dolar AS.

Doug Kass, Principal Seabreeze Partners Management menilai, Buffett tampak terus memupuk cadangan kas untuk melakukan akuisisi besar.

"Tentu saja dia tak terburu-buru, memantau dan menunggu waktu yang tepat," kata Kass.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2