Yuk, Kenalan dengan DME, Gas yang Bakal Gantikan LPG untuk Masak

Athika Rahma ยท Senin, 24 Januari 2022 - 16:58:00 WIB
Yuk, Kenalan dengan DME, Gas yang Bakal Gantikan LPG untuk Masak
Hilirisasi batu bara ke dimetil eter (DME) digadang-gadang bakal jadi pengganti liquified petroleum gas (LPG). Simak selengkapnya tentang DME. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan groundbreaking proyek hilirisasi batu bara ke dimetil eter (DME) di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Senin (24/1/2022). DME digadang-gadang bakal jadi pengganti liquified petroleum gas (LPG).

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah menggelontorkan subsidi LPG berkisar Rp60 triliun-Rp70 triliun. Jika semua pengguna LPG beralih ke DME, maka angka subsidi yang cukup besar dapat dialihkan ke kebutuhan lain.

Lantas, apa itu DME? Mengutip laman Badan Litbang Kementerian ESDM, DME memiliki kemiripan dengan komponen LPG, yaitu terdiri atas propan dan butana, sehingga DME bisa diterapkan serupa layaknya LPG. 

DME berasal dari berbagai sumber, baik bahan bakar fosil maupun yang dapat diperbaharui. Dalam hal ini, pemerintah berupaya menggunakan batu bara untuk dijadikan DME. 

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: