Zimbabwe Akan Jual Koin Emas demi Redakan Inflasi

Dinar Fitra Maghiszha ยท Selasa, 05 Juli 2022 - 21:00:00 WIB
Zimbabwe Akan Jual Koin Emas demi Redakan Inflasi
Zimbabwe akan jual koin emas demi redakan inflasi. Foto: Reuters

HARARE, iNews.id - Bank sentral Zimbabwe akan mulai menjual koin emas bulan ini sebagai lindung nilai. Itu dilakukan untuk meredakan inflasi di negaranya yang tidak terkendali, yang telah melemahkan mata uang lokal. 

Gubernur bank sentral Zimambwe John Mangudya mengatakan, koin akan tersedia untuk dijual mulai 25 Juli dalam mata uang lokal, dolar AS, dan mata uang asing lainnya dengan harga berdasarkan harga emas internasional yang berlaku dan biaya produksi.

Mengutip Reuters, bank sentral menyatakan, koin yang dinamai Mosi-oa-tunya dapat diubah menjadi uang tunai dan diperdagangkan secara lokal dan internasional. Koin emas akan berisi satu troy ons emas dan akan dijual oleh Fidelity Gold Refinery, Aurex dan bank lokal.

Koin emas telah digunakan oleh investor internasional untuk melakukan lindung nilai terhadap inflasi dan perang.

Pekan lalu, Zimbabwe menaikkan suku bunganya lebih dari dua kali lipat menjadi 200 persen dari 80 persen. Selain itu, mereka juga mengungkapkan rencana untuk membuat alat pembayaran dolar AS yang sah selama lima tahun ke depan demi meningkatkan kepercayaan.

Sementara itu, melonjaknya inflasi di negara Afrika selatan itu telah menambah tekanan pada populasi yang sudah berjuang dengan kekurangan dan membangkitkan kenangan kekacauan ekonomi beberapa tahun lalu di bawah pemerintahan Robert Mugabe. Sedangkan inflasi tahunan, yang mencapai hampir 192 persen pada Juni, membayangi upaya Presiden Emmerson Mnangagwa untuk merevitalisasi ekonomi.

Zimbabwe meninggalkan dolar AS yang dilanda inflasi pada 2009, memilih untuk menggunakan mata uang asing, sebagian besar dolar AS. Pemerintah memperkenalkan kembali mata uang lokal pada 2019, tetapi dengan cepat kehilangan nilainya lagi.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda