Kuartal IV/2017, BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,4%

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Rabu, 01 November 2017 - 10:58:00 WIB
Kuartal IV/2017, BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Capai 5,4%
Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Pertumbuhan ekonomi diprediksi lebih baik pada kuartal IV 2017 mencapai 5,3%-5,4% dibandingkan kuartal III dan II.

"Jika dilihat angka-angka diberikan oleh emiten, pertumbuhan ekonomi kuartal III lebih baik dari kuartal II dan proyeksinya kuartal IV juga lebih baik. Kuartal III itu sekitar 5,1%-5,2%," ujar Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, dalam acara Economic & Capital Market Outlook 2018 di Financial Hall, Jakarta, Selasa 31 Oktober 2017.

Harga komoditas seperti minyak kelapa sawit atau CPO dan batubara membantu pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV. Begitu juga dari ekonomi Jawa, Sumatera dan Kalimantan yang terus membaik.

"Ekonomi Sumatera hanya pernah tumbuh 3% namun sekarang mencapai 4%, bahkan di beberapa provinsi mendekati 5%," kata Mirza.

Selain itu belanja pemerintah juga menyumbang angka pertumbuhan ekonomi meski sedikit. "Pengeluaran pemerintah lebih besar tapi APBN hanya 10%-12% dari PBD," ujarnya.

Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi tetap harus datang dari konsumsi rumah tangga, ekspor dan investasi. "Kami lihat ada pemulihan di bidang investasi dan di sektor ekspor. Intinya berangsur-angsur lah bukan tiba-tiba dari 5% ke 6%," kata Mirza.

Editor : Ranto Rajagukguk