10 Negara Terkaya di Dunia, Satu dari Asia Tenggara

Aditya Pratama ยท Minggu, 06 Juni 2021 - 08:59:00 WIB
10 Negara Terkaya di Dunia, Satu dari Asia Tenggara
Qatar, salah satu negara terkaya di dunia

NEW YORK, iNews.id - Beberapa negara di Amerika dan Eropa mencatatkan diri sebagai negara paling kaya di dunia, didasarkan pada Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita. Bahkan ada negara di Asia Tenggara masuk dalam daftar 10 negara terkaya di dunia. 

Namun tidak ada negara di Amerika Selatan dan Afrika yang masuk dalam daftar tersebut. Dan meski menjadi nomor satu dalam total PDB, namun Amerika Serikat (AS) tidak menempati posisi pertama di daftar ini. 

Menariknya, dikutip dari Visual Capitalist, sejumlah negara dengan jumlah penduduk yang lebih sedikit memiliki PDB per kapita yang tinggi. Misalnya, Islandia yang masuk daftar 10 besar dengan PDB per kapita 57.189 dolar AS, tetapi populasinya hanya sekitar 342.000 orang. Begitu juga dengan Luksemburg, yang populasinya hanya 633.000 orang tapi menjadi negara terkaya. 
 
Lalu bagaimana negara-negara ini bisa menjadi sangat kaya?   

Melihat sejarahnya, sebagian besar negara berpenghasilan tinggi mengalami perjalanan linier yang sama, dimulai dengan ekonomi berbasis pertanian, kemudian mereka mengalami masa industrialisasi yang pesat. Setelah itu, menjadi ekonomi berbasis jasa.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: