4 Tips Mengamankan Uang saat Bekerja di Rumah

Djairan ยท Sabtu, 21 Maret 2020 - 18:28 WIB
4 Tips Mengamankan Uang saat Bekerja di Rumah

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi virus korona memberikan perubahan dalam segala aspek. Salah satunya terhadap aktivitas pekerjaan. 

Dengan adanya anjuran bekerja di rumah atau work from home seperti sekarang ini, maka Anda harus dapat menyesuaikan suasana pekerjaan yang ruangnya sudah sangat berbeda.

Bagi yang biasa bekerja di kantor, mungkin Anda seringkali kesulitan memeriksa keadaan keuangan pribadi karena merupakan hal yang sensitif. Seperti meninjau laporan kredit atau memeriksa biaya investasi Anda. Sangat tidak nyaman ketika melakukan hal itu dan ada rekan kerja yang usil mengintip dan ingin tahu.

Dengan bekerja dari rumah Anda akan memiliki lebih banyak privasi dan ruang untuk dapat memeriksa beberapa hal yang selama ini sulit dilakukan di kantor. Ada beberapa hal yang mungkin saja bisa anda lakukan untuk mengisi sela waktu saat bekerja dari rumah. 

Memeriksa Laporan Kredit

Salah satu tugas paling sederhana dan paling tidak memakan waktu Anda adalah memeriksa laporan kredit. Memeriksa laporan kredit untuk melacak informasi dari berbagai akun kredit, termasuk riwayat pembayaran, keterlambatan pembayaran dan saldo akun, serta catatan publik dan menanyakan kredit Anda.

Anda harus menarik laporan dari biro yang berbeda untuk memastikan semua laporan akurat dan tidak ada akun palsu yang dibuat atas nama Anda. Jika Anda menemukan ketidak akuratan, maka bisa mengajukan komplain kepada agen kredit.

Memastikan Anggaran Selaras dengan Sasaran

Terdapat sisi positif dari anjuran untuk work from home, Anda bisa memanfaatkan waktu di sela pekerjaan untuk urusan privat. Salah satunya mengevaluasi kembali dan melihat apakah uang Anda dibelanjakan ke tempat yang tepat. Tanyakan pada diri sendiri, “apakah tabungan/dana darurat anda baik-baik saja?”, “apakah Anda berinvestasi untuk masa pensiun?”, “apakah pengeluaran anda masih di batas wajar?”.

Untuk mengatasinya, tarik kartu kredit dan laporan bank Anda selama tiga (atau lebih) bulan terakhir. Tinjau transaksi untuk melihat bagaimana Anda mengalokasikan uang. Anda mungkin menemukan beberapa pengeluaran berulang yang mengejutkan Anda, atau bahkan pengeluaran kurang dari yang semula direncanakan.

Anggaran merupakan versi ideal dari pengeluaran kita, namun kenyataannya bisa terlihat jauh berbeda dari yang dianggarkan. Dengan memeriksa kembali anggaran dapat mencerminkan secara akurat bagaimana Anda benar-benar membelanjakan uang, agar dapat mencapai tujuan tabungan Anda. 

Memeriksa Biaya Investasi

Anda juga harus memastikan bahwa investasi tidak terlalu mahal. Jika Anda berinvestasi terutama dalam reksa dana indeks untuk masa pensiun, seperti yang disarankan oleh penasihat keuangan, maka rasio pengeluaran yang Anda bayarkan harus di bawah 1 persen dan idealnya 0,4 persen atau lebih rendah. Dengan demikian, Anda dapat menyimpan lebih banyak uang. Beberapa broker bahkan menawarkan reksa dana indeks gratis. 

Hati-hati terhadap Penipuan

Di tengah mencekamnya situasi pandemi virus korona, maka bisa muncul berbagai kampanye sosial berupa penggalangan dana di berbagai media sosial. Anda harus berhati-hati dengan segala bentuk penggalangan dana agar dana tidak terbuang percuma.

Anda dapat mengetahui apakah kampanye sosial berupa penggalangan dana tersebut merupakan penipuan atau tidak. Dengan memastikan orang atau organisasi yang menyelenggarakan, lokasi mereka, sasaran penggalangan dana serta platform yang mereka gunakan di media sosial.

Jika sesuatu terlihat mencurigakan, maka sebaiknya anda urungkan niat anda mengalokasikan dana untuk sesuatu yang tidak pasti.


Editor : Ranto Rajagukguk