5 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Djairan ยท Minggu, 19 Juli 2020 - 18:07 WIB
5 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Saat pandemi Covid-19 ini, aktivitas belanja online jadi jauh meningkat dan sudah menjadi kelaziman. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Saat pandemi Covid-19 ini, aktivitas belanja online jadi jauh meningkat dan sudah menjadi kelaziman. Apalagi saat ini toko online dan marketplace menjamur dengan berbagai variasi. 

Tidak seperti aktivitas berbelanja konvensional yang menuntut mobilitas secara fisik, berbelanja online memberikan sensasi tersendiri terkait kepraktisan dan kemudahan belanja. Belum lagi dengan begitu banyak penawaran promo dari aplikasi e-commerce, membuat belanja online semakin menarik. 

Cara pembayaran juga tersedia dalam berbagai pilihan. Tidak sedikit yang akhirnya kecanduan belanja online, sebab aktivitas yang semakin banyak dilakukan di rumah. 

Dikutip dari dari Grow Acorns, berikut lima tips menghindari pemborosan saat kecanduan berbelanja online: 

Buat Rekening Belanja Khusus

Cara pertama ini bisa sangat ampuh selama bisa berdisiplin dengan aturan yang Anda buat sendiri. Membuat rekening khusus untuk berbelanja online bisa membantu Anda membatasi kebocoran dompet akibat belanja online. Anggaplah setiap bulan Anda mengalokasikan tak lebih dari Rp500.000 untuk berbelanja online.

Dengan memiliki batasan nominal yang bisa dibelanjakan, Anda harus bisa berhenti berbelanja ketika dana di rekening khusus itu sudah habis. Selain itu, dengan rekening khusus belanja, Anda bisa menghindari upaya menyabotase pos lain yang lebih penting, seperti pos dana darurat, pos asuransi dan investasi. Jangan sampai bagian-bagian tersebut Anda tarik yang akhirnya melewati batas nominal yang sudah ditetapkan di awal.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2 3 Tampilkan Semua