5 Jenis Laporan Keuangan Beserta Fungsinya untuk Bisnis

Rizqa Leony Putri ยท Rabu, 25 Mei 2022 - 17:24:00 WIB
5 Jenis Laporan Keuangan Beserta Fungsinya untuk Bisnis
Ilustrasi laporan keuangan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Para akuntan dan tim finance di sebuah perusahaan tentu tidak asing dengan laporan keuangan. Bukan hanya sebatas laporan, data-data keuangan yang ada di laporan tersebut dapat bermanfaat untuk banyak hal terlebih dalam melihat perkembangan perusahaan. 

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah sebuah catatan yang berisi informasi keuangan suatu perusahaan yang dibuat pada suatu periode akuntansi tertentu. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa laporan keuangan adalah catatan yang juga bisa digunakan sebagai bahan evaluasi, hingga melihat gambaran kinerja perusahaan tersebut. 

Di dalam dunia akuntansi laporan keuangan adalah bagian dari sebuah proses pelaporan keuangan baik di perusahaan, lembaga, atau badan. Selain itu, pengertian lain dari laporan keuangan adalah sebuah catatan informasi keuangan perusahaan yang mencakup aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan dan beban, kontribusi pemegang saham, arus kas, hingga informasi keuangan lainnya, selama periode waktu tertentu.

Bagi kamu yang sering membuat laporan keuangan, mungkin sudah tahu bahwa laporan keuangan yang lengkap umumnya meliputi:

  1. Laporan posisi keuangan (Neraca)
  2. Laporan laba rugi komprehensif
  3. Laporan perubahan ekuitas
  4. Laporan perubahan posisi keuangan/laporan arus kas atau laporan arus dana
  5. Catatan dan laporan lain 

Dari deretan komponen laporan keuangan di atas, sebaiknya kamu juga mengetahui informasi dari masing-masing komponen tersebut atau bisa juga disebut jenis-jenis dari laporan keuangan.

Komponen Laporan Keuangan

Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia, jenis laporan keuangan lengkap terdiri dari lima jenis laporan, yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan posisi keuangan (neraca), laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

1. Laporan Laba/Rugi
Jenis laporan keuangan laba-rugi atau income statement atau profit and loss statement merupakan jenis laporan keuangan yang berfungsi untuk menilai kinerja keuangan apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian pada satu periode akuntansi. Selain untuk mengetahui keuntungan atau kerugian, laporan laba rugi juga dibuat untuk memberikan informasi tentang pajak perusahaan, bahan evaluasi manajemen dan membantu dalam pengambilan keputusan.

2. Laporan Perubahan Modal
Jenis laporan keuangan berikutnya adalah Laporan Perubahan Modal. Pengertian dari laporan perubahan modal adalah laporan yang menggambarkan perubahan baik berupa peningkatan atau penurunan aktiva bersih selama satu periode. Pada saat awal pendirian perusahaan, sebagai pemilik perusahaan pasti menyetorkan modalnya.

Selama beroperasi tentu saja modal awal akan berubah sesuai dengan kinerjanya. Misalnya, jika pada periode berjalan perusahaan mengalami kerugian maka modal akan berkurang. Sebaliknya jika perusahaan mengalami keuntungan, modal akan bertambah.

Editor : Rizqa Leony Putri

Bagikan Artikel: