Banyak Manfaat, Ini 5 Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit

MNC Media · Jumat, 17 September 2021 - 15:55:00 WIB
Banyak Manfaat, Ini 5 Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit
Kartu kredit bisa berdampak positif bagi seseorang karena memiliki banyak manfaat. (Foto/Ilustrasi: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kartu kredit adalah salah satu bentuk kemudahan yang ditawarkan bank ke nasabah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kartu kredit bisa berdampak positif bagi seseorang karena memiliki banyak manfaat.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal pemegang kartu kredit wajib mengetahui ketentuan serta tips menggunakan kartu kredit secara baik dan benar. Ada lima tips yang bisa diterapkan pemilik kartu agar penggunaan kartu kredit lebih tepat guna dan maksimal. Intip lima caranya di bawah ini:

1. Pandai Memanfaatkan Fasilitas

Kartu kredit dapat memenuhi kebutuhan pemiliknya dengan cara memanfaatkan fasilitas dan keuntungan yang diberikan, salah satunya membiayai kebutuhan darurat perawatan di rumah sakit, memanfaatkan fasilitas cicilan 0% untuk mengatur cashflow atau mendapatkan benefit diskon.

2. Perhatikan Tanggal Cetak Tagihan dan Jatuh Tempo

Pemegang kartu akan mendapatkan kesempatan membayar pemakaian kartu kredit dengan tempo yang cukup panjang yaitu 45 hari. Rentang waktu ini bisa digunakan pemilik kartu kredit untuk menyiapkan pembayaran tagihan dengan lebih teliti.

3. Sesuaikan Penggunaan Kartu dengan Kemampuan Membayar

Pada umumnya, kartu kredit akan memberikan limit dua sampai tiga kali lipat gaji Anda. Misalnya Anda memiliki gaji Rp4 juta, maka pihak bank akan menawarkan limit Rp8 juta. Hal ini sebagai fasilitas yang diberikan oleh bank agar nasabah lebih nyaman.

Namun pemegang kartu harus tetap memperhatikan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar. Agar penagihan tetap bisa dibayarkan lebih ringan tanpa dikenakan bunga, Anda dapat memanfaatkan fitur cicilan 0% yang ditawarkan untuk menjaga cashflow bulanan Anda tetap aman .

4. Periksa Limit Sebelum Bertransaksi

Biasakan untuk mengecek limit kartu kredit Anda terlebih dahulu, untuk menghindari penolakan transaksi serta siapkan rencana belanja yang lebih detail agar transaksi lebih lancar. Fitur pengecekan sisa limit kartu kredit dapat Anda akses melalui aplikasi MotionBanking tanpa harus menghubungi call center.

5. Pilih Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan Anda

Masing-masing kartu kredit memiliki fitur dan persyaratan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Dengan memahami berbagai persyaratan untuk membuat kartu kredit dan mengetahui keuntungan yang ditawarkan, maka hal ini bisa membantu Anda mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa hal yang sangat penting untuk Anda pahami adalah bagaimana bunga diterapkan dalam akun kartu kredit, kapan Anda akan dikenakan biaya tambahan, dan kapan suku bunga bisa meningkat.

Salah satu kartu kredit yang memiliki banyak kelebihan adalah kartu kredit MNC Bank (BABP). PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau dikenal dengan MNC Bank, unit usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group memiliki tiga jenis kartu kredit yaitu kartu Platinum, Gold, dan Motion.

Kartu kredit Platinum adalah kartu kredit yang bisa memanjakan Anda fasilitas eksklusif serta memiliki keunggulan gratis iuran tahunan dua tahun pertama, program cicilan 0% dan penawaran khusus untuk produk-produk MNC Group.

Keunggulan kartu kredit Gold adalah memberi Anda kebebasan untuk melakukan hal-hal yang Anda inginkan, menjelajahi dunia, gratis iuran tahunan dua tahun pertama, program cicilan 0% dan penawaran khusus untuk produk-produk MNC Group..

Kartu kredit Motion adalah kartu yang mendukung gaya hidup anak muda yang anti-mainstream, mengerti digital, penjelajah, pencari tantangan dengan fleksibilitas dan mudah digunakan yang memiliki keunggulan gratis iuran dua tahun pertama.

MNC Bank juga memberikan fasilitas cicilan 0% yang dapat diajukan melalui MotionBanking khususnya kartu kredit Visa Platinum dan Visa Gold dengan minimal transaksi Rp3 juta, tenor tiga bulan dan Rp6 juta tenor enam bulan untuk transaksi belanja apa saja dan di mana saja.

“Sesuaikan kebutuhan belanja Anda dengan kartu kredit dari MNC Bank dan nikmati layanan cicilan 0% yang bisa langsung diajukan lewat aplikasi MotionBanking,” ujar Pjs. Credit Card Business Group Head MNC Bank Ramdania Chotimah, di Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Lalu bagaimana cara mengubah transaksi menjadi cicilan lewat MotionBanking? Simak enam langkah mudah yang harus Anda lewati jika ingin membuka rekening:

1. Buka aplikasi MotionBanking, lalu pilih menu credit card.
2. Kemudian pilih installment pada daftar menu yang muncul.
3. Setelahnya pilih sumber kartu kredit.
4. Jika data sudah sesuai klik convert to installment.
5. Lalu pilih periode installment yang diinginkan.
6. Pengajuan installment otomatis diterima.

Sangat mudah, bukan? Terbukti MNC Bank selalu mengutamakan kemudahan dan kenyamanan nasabah kartu kreditnya. Bagi yang belum memiliki kartu kredit MNC Bank bisa langsung mendaftar dengan cara mengisi formulir pendaftaran elektronik lewat aplikasi MotionBanking. Setelah mengisi dan mengirim formulir pendaftaran elektronik, staf MNC Bank akan menghubungi untuk proses verifikasi.

Aplikasi MotionBanking dari #MNCBank bisa diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore lewat tautan berikut https://onelink.to/q2ss2g. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi mncbank.co.id, menghubungi 1500188 atau follow IG @officialmncbank.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: