BEI Ungkap Jumlah Investor Syariah 5 Tahun Terakhir Tumbuh 647 Persen

Aditya Pratama ยท Kamis, 08 April 2021 - 10:37:00 WIB
BEI Ungkap Jumlah Investor Syariah 5 Tahun Terakhir Tumbuh 647 Persen
Di tengah guncangan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, pasar modal syariah Indonesia terus mengalami pertumbuhan secara konsisten. (Foto: Antara)

Hasan menuturkan, potensi pengembangan pasar modal syariah memiliki ruang tumbuh yang cukup besar di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari kontribusi total aset pasar modal syariah terhadap PDB 2020 yang signifikan, yaitu 29 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), didukung potensi Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

“Jumlah populasi Muslim di Indonesia sebesar 229 juta jiwa, atau sekitar 13 persen populasi Muslim di dunia, menjadi suatu target yang akan terus berkembang,” tuturnya.

Kemudian, dia mengatakan, agar pasar modal syariah mampu bersaing dengan investasi di sektor lainnya, maka BEI secara konsisten berupaya mengembangkan pasar modal syariah melalui program edukasi serta inovasi produk dan infrastruktur yang tertuang dalam roadmap Pasar Modal Syariah 2015-2019 dan 2020-2024.

Hasan menerangkan, arah pengembangan pasar modal syariah dalam roadmap tersebut diimplementasikan BEI dalam berbagai bentuk, antara lain program literasi dan inklusi pasar modal syariah untuk memperkuat basis investor syariah ritel serta program pengembangan efek dan instrumen syariah

“Kemudian, program pengembangan infrastruktur pasar modal syariah untuk memperkuat layanan dan landasan hukum, program penguatan sinergi dengan stakeholder, serta pemanfaatan teknologi untuk pendidikan dan investasi syariah,” katanya.

Editor : Ranto Rajagukguk