Beredar Penipuan Berkedok Investasi Mengatasnamakan KPEI, Masyarakat Diminta Waspada

Jeanny Aipassa · Selasa, 22 Juni 2021 - 21:17:00 WIB
 Beredar Penipuan Berkedok Investasi Mengatasnamakan KPEI, Masyarakat Diminta Waspada
Logo PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat diminta waspada dengan penipuan berkedok investasi yang mengatasnamakan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI). 

Menurut Sekretaris Perusahaan PT KPEI, Reynant Hadi, modus penipuan tersebut diketahui dari informasi yang disampaikan melalui email KPEI, pada Selasa (22/6/2021). 

Pengirim email tersebut meminta konfirmasi apakah benar KPEI menawarkan program investasi seperti yang diterimanya melalui akun aplikasi chat, Telegram.

Manajemen KPEI kemudian melakukan penyisiran ke akun telegram tersebut dan benar memang menawarkan program investasi dengan mengatasnamakan KPEI.

"Akun tersebut mencantumkan logo KPEI, dan mengaku telah mendapat persetujuan dr OJK, IDX dan salah satu AB. Saya berhasil chat dengan admin akun tersebut dan dia tetap bersikeras resmi atas nama KPEI dan telah saya sampaikan peringatan," kata Reynant Hadi, kepada iNews.id, di Jakarta, Selasa (22/6/2021).

Menurut penjelasan pihak yg mengirimkan email ke KPEI, dia ditanbahkan (add) secara random oleh akun tersebut. Karena ingin mengetahui lebih jauh tentang penawaran program investasi tersebut, dia kemudian melakukan konfirmasi ke KPEI.

"Tidak semua masyarakat memiliki kesadaran seperti ini, jadi kami harap waspada agar tidak tertipu karena KPEI tidak memiliki grup WhatsApp, Telegram, Line, maupun media sosial lain yang diperuntukkan untuk menawarkan segala jenis investasi kepada masyarakat," ujar Reynant Hadi. 

Saat ini, lanjutnya, akun tersebut telah di privat. Manajemen KPEI telah melaporkan hal ini ke Satuan Tugas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan. 

"Kami juga akan melakukan kordinasi dgn lawyer utk tindakan lebih lanjut," kata Reynant Hadi.

Sehubungan dengan beredarnya penawaran investasi tersebut, manajemen KPEI telah memberikan klaarifikasi melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia. Berikut klarifikasinya : 

1. KPEI tidak memiliki grup WhatsApp, Telegram, Line, maupun media sosial lain yang diperuntukkan untuk menawarkan segala jenis investasi kepada masyarakat
2. KPEI tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan berkaitan dengan hal tersebut
3. KPEI akan mempertimbangkan langkah hukum atas penyalahgunaan nama KPEI untuk kegiatan yang dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat
4. Untuk menghindari risiko atas hal-hal yang tidak diinginkan, masyarakat diminta dapat mengkonfirmasikannya terlebih dahulu kepada Sekretaris Perusahaan PT KPEI melalui Email: reynant@kpei.co.id Website atau Toll Free: 0800-100-KPEI (5734).

Editor : Jeanny Aipassa