Berikut Daftar Alat yang Dibutuhkan untuk Mining Bitcoin

Aditya Pratama ยท Minggu, 16 Januari 2022 - 15:23:00 WIB
Berikut Daftar Alat yang Dibutuhkan untuk Mining Bitcoin
Berikut daftar alat yang dibutuhkan untuk menambang Bitcoin, mulai dari perangkat keras, perangkat lunak, hingga dompet Bitcoin. (foto: Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Bitcoin merupakan mata uang kripto termahal saat ini yang nilainya mencapai 43.236 dolar AS atau setara Rp618,90 juta. Terdapat beberapa cara untuk mendapatkan aset kripto tersebut, salah satunya mining Bitcoin atau menambang Bitcoin.

Mining Bitcoin merupakan proses menambahkan transaksi ke blockchain sehingga semua orang dapat menyetujui rangkaian transaksi yang sama. Transaksi tersebut lalu dikelompokkan ke dalam grup yang sama atau disebut dengan istilah blockchain.

Melalui mining Bitcoin, maka penambang tidak perlu mengetahui cara menghitung dan ilmu matematika. Namun, pengguna cara ini harus memiliki perangkat keras dengan spesifikasi tinggi dan perangkat lunak untuk menambang Bitcoin.

Tertarik untuk melakukan mining Bitcoin? berikut daftar alat yang dibutuhkan untuk mining Bitcoin, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Perangkat Keras

    Perangkat keras dibutuhkan seseorang untuk melakukan mining Bitcoin. Berikut ini terdapat beberapa perangkat keras yang bisa jadi pilihan untuk menambang mata uang kripto tersebut.

    - CPU (Central Processing Unit)

    Setiap penambang Bitcoin harus memiliki CPU yang mumpuni agar dapat mengatasi dengan cepat ketika mendapatkan permasalahan matematika ketika melakukan penambangan. Seiring perkembangan pesat, CPU menjadi tidak cukup dan penambang mulai beralih ke GPU.

    - GPU (Graphics Processing Unit)

    GPU adalah pemrosesan komputer yang dapat bekerja lebih cepat dibanding CPU. GPU dapat lebih cepat mengatasi masalah matematika yang dihadapi dalam penambangan.

    - FPGA (Field Programmable Gate Array)

    FPGA merupakan sistem unit pemrosesan komputer yang dapat digunakan untuk mining Bitcoin. Sama seperti CPU dan GPU, FPGA berperan untuk mengatasi masalah matematika agar mendapatkan Bitcoin.

    - ASIC (Application Specific Integrated Circuit)

    ASIC merupakan perangkat keras khusus untuk mining Bitcoin. ASIC merupakan perangkat yang paling banyak digunakan saat ini untuk memenangkan perlombaan dan menambang Bitcoin dalam jumlah besar.

    Selain diciptakan khusus untuk menambang Bitcoin, ASIC dapat menghitung secara cepat dan menghasilkan dalam jumlah yang signifikan.

    Editor : Aditya Pratama

    Halaman : 1 2

    Bagikan Artikel: