BRI Gandeng Go-Pay Perluas Layanan Perbankan ke Masyarakat
JAKARTA, iNews.id - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan perusahaan layanan uang elektronik milik Go-Jek, yaitu Go-Pay.
Kolaborasi kedua perusahaan ini melingkupi kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran elektronik tagihan Bank BRI, semisal e-government dan e-billing. Selain itu, ada juga akses pada layanan dan produk BRI bagi mitra dan merchant yang ada dalam ekosistem Go-Jek di Go-Pay.
“BRI melihat inovasi teknologi sebagai sebuah peluang untuk menjangkau lebih banyak masyarakat mengakses produk dan layanan perbankan. Kami optimistis dengan sinergi ini mampu memberikan added value bagi kedua pihak yang terlibat,” ujar Direktur Hubungan Kelembagaan BRI, Sis Apik Wijayanto, di Innovation Centre, Kantor Pusat Bank BRI, Jakarta (5/3/2018).
Lebih lanjut dia mengatakan, kerja sama ini sekaligus membuktikan bahwa fintech mampu menjadi partner strategis bagi perbankan di Indonesia. Kolaborasi perbankan dan fintech seperti yang dilakukan BRI dan Go-Pay juga bisa membantu pemerintah memenuhi target inklusi keuangan sebesar 75 persen pada tahun 2019.
Saat ini, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNILK) tahun 2016 yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan, indeks literasi keuangan mencapai 29,66 persen dan indeks inklusi keuangan mencapai 67,82 persen.