BRI Restrukturisasi Kredit 2,8 Juta Nasabah Rp176,6 Triliun

Djairan ยท Jumat, 17 Juli 2020 - 20:21 WIB
BRI Restrukturisasi Kredit 2,8 Juta Nasabah Rp176,6 Triliun

Hingga saat ini, BRI telah menyalurkan restrukturisasi kredit sebesar Rp176,6 triliun kepada 2,88 juta nasabah. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso mengemukakan, pihaknya telah menyalurkan restrukturisasi kredit sebesar Rp176,6 triliun kepada 2,88 juta nasabah. Ini seiring langkah BRI dalam membantu nasabah terdampak pandemi Covid-19.

"Kita restrukturisasi, hasilnya sekarang yang saya hafal BRI sudah salurkan 2,88 juta nasabah. Kemudian portofolio yang direstrukturisasi sebesar Rp176,6 triliun, itu yang sudah eksisting," ujar Sunarso di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Sunarso menuturkan, selain restrukturisasi BRI juga telah memberikan subsidi bunga kepada nasabah melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Keringanan bunga kredit yang diberikan lebih besar dari semula hanya 10 persen menjadi 16 persen.

Kemudian, untuk nasabah golongan non-KUR, dengan limit kredit Rp500 juta diberikan subsidi bunga 6 persen selama tiga bulan, dan kemudian 3 persen di tiga bulan berikutnya. Sementara untuk besaran kredit Rp500 juta hingga Rp10 miliar, maka diberikan subsidi bunga 3 persen selama tiga bulan, dan 2 persen di tiga bulan berikutnya.

“Sementara itu, bagi yang belum dapat kredit, atau yang sudah tapi usahanya masih slowdown, maka asal tidak PHK karyawan, pasti diberikan lagi kebijakan, diberikan kredit modal kerja, supaya tetap beroperasi,” kata Sunarso.

Untuk memperoleh kredit modal kerja, Sunarso menjelaskan, akan dijamin oleh lembaga penjaminan kredit seperti PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), dan PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo). Premi penjaminan akan ditanggung APBN.

Editor : Dani Dahwilani