Cegah Pemborosan, Ini Tips Belanja Online saat Work From Home

Djairan · Sabtu, 21 Maret 2020 - 15:07 WIB
Cegah Pemborosan, Ini Tips Belanja Online saat Work From Home

Tips berbelanja online saat bekerja di rumah atau work from home’ di tengah pandemi virus korona. (Foto:

JAKARTA, iNews.id - Jika Anda adalah salah satu dari ribuan karyawan yang diminta untuk bekerja di rumah atau work from home’ di tengah pandemi virus korona saat ini, kemungkinan akan menghabiskan banyak waktu terkurung di rumah bersama laptop. Mungkin saja Anda tergoda untuk mengakhiri hari dengan sedikit belanja online, tetapi sekarang mungkin bukan waktu terbaik menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu bahkan tidak dibutuhkan.

Tetapi keinginan untuk membuka situs belanja online di tengah kebosanan tidak dapat dihindari. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli pakaian, sepatu, barang elektronik atau barang yang tidak penting lainnya, pertimbangkan tips berikut ini untuk menghindari pengeluaran berlebihan saat Anda bekerja dari di rumah.

Tetapkan Waktu Secara Berkala

Dikutip dari CNBC Make It, Sara Skirboll, pakar belanja untuk RetailMeNot mengatakan, daripada beralih ke situs belanja online setiap kali Anda merasa bosan atau gelisah di rumah, lebih baik tentukan waktu berkala untuk menjelajahi situs berbelanja online beberapa jam dalam sepakan.

Ini tidak hanya membantu membatasi pengeluaran Anda yang tidak perlu, tetapi juga akan membuat Anda tetap konsentrasi dalam bertugas selama bekerja dari rumah. 

Tunggu 24 Jam Sebelum Check-Out

Toko online memudahkan Anda untuk segera memilih barang belanjaan dengan hanya mengklik tombol, tetapi sebelum melakukannya, beri waktu 24 jam untuk memikirkan kembali pembelian. Jika Anda terbiasa berbelanja online tanpa memikirkan kembali apa yang dibeli, maka memberi jeda waktu untuk memastikan kembali merupakan langkah yang baik.

Anda bisa bertanya pada diri sendiri agar dapat membantu menghindari pengeluaran yang tidak terlalu penting, seperti “Apakah yang saya beli ini bisa menambah nilai dalam hidup saya?”, “Apakah barang ini sebenarnya bagus?”, “Apakah saya benar-benar membutuhkannya?”.

Tips lainya adalah, Anda bisa mengaktifkan pemblokir pada situs web belanja online tertentu di tempat biasa mengeluarkan uang lebih banyak.

Jika perlu hapus informasi kartu kredit Anda dari situs belanja online mana pun yang menyimpannya. Kedua strategi ini akan membuat Anda sulit untuk untuk berbelanja demi menghindari pengeluaran berlebihan.

Lakukan Riset Perbandingan

Jika Anda berpikir untuk membuka situs belanja online dan akan berbelanja, bukalah beberapa platform belanja online dan bandingkan harga barang sebelum melakukan pemesanan. "Ini merupakan sesuatu yang harus selalu dilakukan pembeli sebelum melakukan pembelian," kata Skirboll. "Bandingkan harga pada penjual satu dengan lainya dan pastikan Anda mendapatkan penawaran terbaik sebelum mengklik tombol belanja" ujarnya.

Dan ingat bahwa dalam industri tertentu, harga cenderung turun pada waktu tertentu dalam setahun. 


Editor : Ranto Rajagukguk