Dear Millennials! Yuk, Biasakan Mulai Menabung dengan 4 Tips dari MotionBanking Ini

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 03 Desember 2021 - 08:40:00 WIB
Dear Millennials! Yuk, Biasakan Mulai Menabung dengan 4 Tips dari MotionBanking Ini
Dear Millennials! Yuk, biasakan mulai menabung dengan 4 tips dari MotionBanking ini. Foto: MNC Media

JAKARTA, iNews.id - Menabung mungkin terdengar mudah, namun masih banyak masyarakat terutama anak-anak muda yang kesulitan untuk melakukannya. Walaupun sadar akan manfaat menabung, masyarakat khususnya anak-anak muda masih banyak yang belum terbiasa untuk menabung, sehingga mereka merasa kesulitan untuk tetap konsisten dalam menyisihkan sebagian penghasilannya untuk disimpan.

Direktur Bisnis Digital PT Bank MNC International Tbk Tee Teddy Setiawan menjelaskan, “Kita harus mengetahui faktor apa yang menyebabkan kita menjadi kesulitan dalam menabung, misalkan ada yang namanya impulsive buying di mana pengeluaran tersebut sifatnya spontanitas tanpa adanya perencanaan. Ada juga anak-anak muda yang menilai kebiasaan boros mereka dengan alasan self-rewarding, di mana mereka ingin memberikan apresiasi untuk diri sendiri atas kerja keras mereka.” 

Lebih lanjut Teddy mengatakan, tidak ada yang salah dalam mengeluarkan uang. Namun, lebih baik pengeluaran tersebut dikendalikan oleh perencanaan diri yang matang. 

“Jika ingin membeli sesuatu yang diinginkan walaupun harganya mahal sebenarnya tidak apa-apa, hanya saja setiap pengeluaran baiknya dapat kita kendalikan melalui perencanaan yang matang sehingga kesehatan finansial kita tetap terjaga,” ujarnya.

Untuk mendukung masyarakat khususnya anak-anak muda dalam membangun kebiasaan menabung, MotionBanking memberikan 4 tips menabung pintar berikut ini:

1. Keinginan versus kebutuhan

Anak-anak muda harus bisa membedakan antara apa yang menjadi keinginan dan apa yang menjadi kebutuhan. Hal ini perlu diketahui agar anak-anak muda lebih pintar dalam mengeluarkan uang dan membangun perencanaan finansialnya.

2. Mulai dari kecil

Terkadang anak-anak muda memiliki persepsi bahwa menabung haruslah dalam jumlah yang besar. Hal fundamental yang harus dilakukan dalam membangun kebiasaan menabung adalah seberapa konsisten Anda bisa melakukannya. Jumlah uang yang disisihkan untuk ditabung bukanlah poin yang terpenting, namun seberapa lama Anda bisa menjaga kebiasaan menabung tersebut.

3. Tabungan tidak untuk dipakai

Seringkali tabungan disalahartikan sebagai dana darurat yang boleh dipakai jika uang habis. Hal ini yang justru menyebabkan inkonsistensi dalam menabung. Anak-anak muda harus membangun komitmen untuk menjaga tabungannya agar tidak dipakai saat uang habis, serta bijak dalam memakai pengeluarannya agar sesuai dengan perencanaan.

4. Menabung di bank

Menabung di bank memiliki banyak manfaat dalam memaksimalkan tabungan untuk anak-anak muda. Selain aman dan mudah, dengan menabung di bank anak-anak muda juga dapat menerima bunga tabungan yang akan menambah jumlah tabungan yang sudah terkumpul.

MotionBanking dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) di bawah naungan MNC Group memberikan fasilitas bagi anak-anak muda yang ingin memulai kebiasaan menabung. Dengan MotionBanking, masyarakat bisa mendapatkan bunga tabungan dengan suku bunga hingga 3,5 persen, sehingga tabungan yang dimiliki menjadi bertambah.

Untuk menjadi nasabah, caranya pun mudah. Unduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan berikut bit.ly/downloadMotionBanking kemudian isi data diri lalu selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Untuk informasi dan syarat ketentuan lebih lanjut, dapat mengunjungi www.motionbanking.id, menghubungi call center MNC Bank di 1500188, Whatsapp di 0888-888-8888, email di cs@motionbanking.id dan Instagram di @motionbankingid.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda