Dorong Unicorn Go Public, BEI Ubah Sejumlah Aturan

Aditya Pratama · Selasa, 16 Februari 2021 - 08:34:00 WIB
Dorong Unicorn Go Public, BEI Ubah Sejumlah Aturan
Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mendorong perusahaan teknologi besar atau unicorn go public. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mendorong perusahaan teknologi besar atau unicorn untuk go public. Regulator juga mengubah regulasi untuk mengakomodasi perusahaan-perusahaan tersebut.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna tak bisa memastikan kapan unicorn akan melakukan penawaran saham perdana kepada publik (initial public offering/IPO).

"Timing IPO perusahaan berdasarkan kesiapan masing-masing internal perusahaan dalam memenuhi persyaratan IPO termasuk kelengkapan dokumen saat disampaikan ke bursa," ujarnya, Selasa (16/2/2021).

Dia menyebut, salah satu aturan yang diubah yaitu mekanisme pencatatan sahan. BEI, kata dia, mengambil langkahmerespons perubahan dan kebutuhan pasar sekaligus mempertimbangkan hasil benchmarking ke bursa-bursa global.

"Pertama, melakukan penyesuaian Peraturan I-A yang saat ini sedang dalam tahap rule making rule. Bursa menyiapkan beberapa alternatif persyaratan pencatatan sehingga dapat mengakomodasi berbagai karakteristik perusahaan, termasuk namun tidak terbatas kepada perusahaan unicorn di Indonesia," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2