Dorong Wakaf Saham, MNC Sekuritas Gandeng Rumah Zakat

Aditya Pratama ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 10:38 WIB
Dorong Wakaf Saham, MNC Sekuritas Gandeng Rumah Zakat

Peluncuran Wakaf Saham oleh MNC Sekuritas dan Rumah Zakat di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (21/1/2020). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - MNC Sekuritas memperluas kerja sama wakaf dengan Rumah Zakat ntuk meningkatkan jumlah investor syariah. Perusahaan sebelumnya juga menggandeng Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina mengatakan sebagai sekuritas yang memiliki wakaf digital pertama di Indonesia, MNC Sekuritas akan terus meningkatkan literasi dan inklusi di berbagai wilayah Indonesia.

"Melalui 134 point of sales, kami optimistis peningkatan investor syariah, termasuk wakif yang berwakaf melalui MNC Wakafku, akan semakin signifikan pada tahun ini. Dengan sistem yang canggih dan praktis, berwakaf saham dan uang yang ada di Rekening Dana Nasabah atau RDN dapat lebih mudah dan fleksibel,” kata Susy di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Susy menuturkan perkembangan pasar modal syariah di Indonesia saat ini juga berbanding lurus dengan pertumbuhan investor syariah MNC Sekuritas.Peningkatan jumlah investor syariah MNC Sekuritas pada 2019 mencapai 78 persen dibandingkan dengan 2018 lalu.

CEO Rumah Zakat Indonesia Nur Efendi mengatakan lewat kerja sama dengan MNC Sekuritas, lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya itu akan mengoptimalisasi wakaf saham dengan investor di pasar modal Indonesia.

"Optimalisasi yang dilakukan akan diwujudkan berupa kegiatan edukasi, literasi dan sosialisasi wakaf saham kepada masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia," ujar Nur Efendi.

Efendi menambahkan, setelah penandatanganan kerja sama dengan MNC Sekuritas pihaknya akan mengadakan kegiatan edukasi di beberapa kota.

"Tahun ini target 28 kota, tahun lalu 10 kota. Tahun ini karena kerja sama dengan MNC akan bareng dengan MNC, kita akan hadirkan setiap kota, untuk edukasi bahwa filantropi itu tidak hanya zakat, ada wakaf yang manfaatnya lebih besar dan lebih sustain untuk jangka panjang," tuturnya.

Perkembangan pasar modal syariah di Indonesia memang menunjukkan tren yang semakin positif. Hal itu terbukti juga dari peningkatan jumlah investor syariah.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia per Desember 2019, jumlah investor saham syariah di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 54 persen dari sebelumnya 44.536 investor di akhir 2018 menjadi 68.599 investor.

Selain itu, jumlah tersebut mewakili 6,2 persen dari total investor ritel di BEI. Potensi yang terbuka lebar dari ceruk syariah inilah yang terus digarap secara konsisten oleh MNC Sekuritas.

MNC Sekuritas telah memiliki sistem online trading saham berbasis syariah bernama MNC Trade Syariah sejak 2017, serta program wakaf saham digital pertama di Indonesia bernama MNC Wakafku sejak 2019.

Editor : Rahmat Fiansyah