Hary Tanoesoedibjo: Cabang Bank Digital di Setiap Rumah, OJK Sebut Ekonomi Digital RI Terbesar se-Asia Tenggara

Faieq Hidayat · Rabu, 30 Juni 2021 - 22:44:00 WIB
Hary Tanoesoedibjo: Cabang Bank Digital di Setiap Rumah, OJK Sebut Ekonomi Digital RI Terbesar se-Asia Tenggara
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menjadi narasumber di webinar bertajuk 'Bank Digital, Solusi Kemudahan Bertransaksi di Tengah Pandemi', yang digelar dalam rangka HUT ke-16 Koran Sindo, Rabu (30/6/2021). (Foto MNC Group).

JAKARTA, iNews.id - Berkembangnya bank digital semakin memacu pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air. Indonesia diproyeksikan menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar se-Asia Tenggara.

"Indonesia diproyeksikan menjadi negara dengan ekonomi digital nomor satu di Asia Tenggara di tahun 2025. Dengan kontribusi transaksi digital US$124 miliar atau Rp1.736 triliun," ujar Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

Hal itu disampaikannya dalam webinar bertajuk 'Bank Digital, Solusi Kemudahan Bertransaksi di Tengah Pandemi', yang digelar dalam rangka HUT ke-16 Koran Sindo, Rabu (30/6/2021).

Wimboh mengatakan Indonesia memiliki potensi yang begitu besar untuk berkembang di industri digital. 

Pertama, karena besarnya populasi, yaitu 272 juta penduduk yang tersebar --di 17.000 pulau-- dan 137 juta di antaranya adalah angkatan kerja.

Kedua, kata Wimboh, sebanyak 175 juta penduduk atau sebesar 65,3% populasi merupakan pengguna Internet. Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan UMKM, pada 2020 terdapat 129 juta penduduk Indonesia yang menggunakan e-commerce, dengan nilai transaksi mencapai Rp266 triliun.

"Kami berharap, pandemi Covid-19 ini menjadi momentum bagi kita semua untuk bertransformasi melalui digital, sehingga industri jasa keuangan mampu menjadi industri yang kompetitif, memiliki ketahanan, serta berkelanjutan dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional," tutur Wimboh.

Editor : Faieq Hidayat

Bagikan Artikel: