IHSG Melemah Empat Hari Beruntun, BNI Sekuritas: Masih Wajar

Aditya Pratama ยท Kamis, 24 September 2020 - 17:40 WIB
IHSG Melemah Empat Hari Beruntun, BNI Sekuritas: Masih Wajar

BNI Sekuritas menilai, pelemahan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam empat hari beruntun dinilai masih wajar. (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - BNI Sekuritas menilai, pelemahan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam empat hari beruntun dinilai masih wajar. Pelemahan hanya sebagai bentuk konsolidasi semata.

Head of Technical Analysis BNI Sekuritas, Andri Zakarias Siregar menilai, pelemahan masih wajar karena sejak 20 Maret hingga pertengahan September, indeks naik lebih dari 38 persen.

"Setelah terendahnya 3.911 sampai 5.381 tertingginya. Jadi, saat ini memang wajar untuk koreksi dulu," kata Andri di IDX Channel, Kamis (24/9/2020).

Menurut Andri, pelemahan IHSG mengikuti jejak Wall Street. Apalagi, isu resesi di AS dan Indonesia semakin kuat, sehingga menghantam indeks.

Secara teknikal, kata dia, penurunan IHSG juga masih wajar setelah gagal bertahan di atas 5.060.

"Dan sekarang pun menyentuh level terbaru. Dari polanya distribusi dan juga kalau dari distribusi harusnya indeks kita coming soon menuju di bawah 4.750," kata dia.

Secara momentum, menurut Andri, bulan September juga biasanya indeks turun. Kondisi ini didukung berbagai isu yang memberatkan IHSG.

"Terutama dari sentimen Covid-19 yang masih meningkat terus di Indonesia dan global, ditambah juga mengenai revisi UU Bank Indonesia yang menyebabkan saham-saham perbankan dan rontoknya harga emas dan CPO ikut juga memberikan kontribusi indeks terkoreksi," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah