Imbas Whatsapp, Instagram, dan Facebook Alami Gangguan, Harga Saham Facebook Anjlok 4,89 Persen

Jeanny Aipassa, Dinar Fitra Maghiszha · Selasa, 05 Oktober 2021 - 08:15:00 WIB
 Imbas Whatsapp, Instagram, dan Facebook Alami Gangguan, Harga Saham Facebook Anjlok 4,89 Persen
Ilustrasi Facebook. (Foto: dok iNews)

NEW YORK, iNews.id - Gangguan yang dialami Whatsaap, Instagram dan Facebook, berimbas pada penurunan harga saham Facebook di Bursa Amerika Serikat (AS) atau Wall Street. Saham Facebook anjlok 16,78 poin atau 4,89 persen menjadi 326,23 dolar AS, pada perdagangan di Bursa Wall Street, Senin (4/10/2021).

Seperti diketahui, aplikasi jejaring sosial Facebook, Instagram, dan Whatsapp mendadak tidak dapat berfungsi bagi para penggunanya di seluruh dunia. Di Indonesia, gangguan ini terjadi pada Senin malam (4/10/2021), dan baru kembali berfungsi pada Selasa (5/10/2021) pagi, sekitar pukul 06.00 WIB. 

Pihak Facebook telah mengonfirmasi masalah ini tetapi tidak memberikan alasan spesifik perihal masalah yang melatarbelakangi gangguan tersebut. Kepada para penggunanya, Facebook mengaturkan permohonan maaf dan menyatakan bakal segera memulihkan layanannya.

"Kami sedang berusaha untuk memulihkan semuanya menjadi normal lagi secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Facebook dalam situs web resminya.

Sementara menurut pakar keamanan siber, gangguan ini bisa dipicu oleh kesalahan konfigurasi, yang mungkin bisa terjadi akibat adanya kesalahan di internal.

Di sisi lain, asumsi adanya sabotase dari pihak eksternal juga mungkin bisa jadi salah satu pemicu, dilansir Reuters, Selasa (5/10/2021).

Saat ini, Facebook tengah menghadapi masalah usai dituduh lebih mementingkan pendapatan daripada menahan ujaran kebencian dan hoax di platform mereka.

Keluhan ini membuat anggota parlemen di Eropa menyerukan penyelidikan atas tuduhan tersebut.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: