Ini 3 Cara Tentukan Prioritas untuk Bayar Tagihan

Djairan · Selasa, 19 Mei 2020 - 12:23 WIB
Ini 3 Cara Tentukan Prioritas untuk Bayar Tagihan

Ilustrasi uang. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 telah menyebabkan ketidakpastian ekonomi sehingga berdampak pada penurunan pendapatan, bahkan tidak sedikit yang kehilangan pekerjaan. Namun, hal itu tidak akan membuat tagihan rutin Anda berhenti seketika.

Hal ini membuat banyak orang dihadapkan dengan beberapa pilihan sulit, seperti menentukan tagihan mana yang harus segera dibayar dan mana yang bisa ditunda sementara waktu. "Saat pandemi seperti ini, hal itu memanglah sulit, namun Anda tetap harus bisa memprioritaskan. Inilah definisi keinginan versus kebutuhan," ujar pakar perencana keuangan Jedidiah Collins, pemilik perusahaan Rookie ke Veteran di Seattle Amerika Serikat.

Dikutip dari Grow Acorns, Collins mengatakan, ketika ingin menentukan pembayaran yang harus dilakukan adalah bertanya pada diri sendiri: “Apakah saya bisa hidup tanpa ini dan itu?” terhadap produk atau layanan yang akan dibayar. Berikut adalah tips bagaimana menentukan prioritas tagihan yang akan jadi pengeluaran Anda, di masa sulit akibat pandemi corona.

Prioritas Tertinggi: Tagihan Properti

Pembayaran tagihan perumahan harus ada di bagian teratas daftar pengeluaran Anda. Bagi sebagian besar rumah tangga, properti tentu merupakan pengeluaran terbesar dan paling penting, karena Anda memerlukan tempat yang aman untuk hidup. Gagal membayar sewa atau hipotek Anda tentu dapat mengakibatkan penyitaan, atau bahkan dalam keadaan terburuk bisa saja kehilangan tempat tinggal.

Namun, di tengah pandemi seperti sekarang ini, untungnya banyak jasa atau penyedia pinjaman memberikan kelonggaran pembayaran sewa rumah/apartemen, sebagai kemudahan untuk melindungi para penyewa. Anda harus memastikannya dengan menghubungi pihak penyewa atau penerbit hipotek Anda. Tapi itu tidak akan berarti Anda bebas dari keharusan pembayaran atau bahkan tidak mendapatkan kelonggaran sama sekali.

Prioritas Menengah: Tagihan Utilitas dan Kendaraan

Jika Anda telah aman dalam pembayaran sewa rumah atau hipotek, maka prioritas berikutnya yang harus dilakukan adalah tagihan utilitas, yang mencakup listrik, air, telepon, internet, tv kabel, gas, pembuangan sampah, dan lainya. Jika tagihan ini terabaikan bisa-bisa membuat Anda berisiko terkena biaya tambahan atau denda, atau bisa berujung utilitas dimatikan.

Selanjutnya adalah pembayaran tagihan kendaraan. Anda harus meletakkan prioritas ini bersamaan dengan pengeluaran utilitas. Jika pembayaran tagihan kendaraan terlewatkan tentu akan mempersulit finansial Anda di hari-hari mendatang.

Prioritas Rendah: Tagihan Lainnya

Ada banyak jenis tagihan/utang lain yang menurut para ahli keuangan dapat diletakkan pada prioritas terendah, bahkan bisa dinegosiasikan. Mencakup tagihan/utang seperti pajak, saldo kartu kredit, atau bahkan biaya semester kuliah anggota keluarga Anda. Jika Anda adalah pelaku usaha yang termasuk dalam objek stimulus pada program jaring pengaman sosial pemerintah saat ini, maka keringanan pembayaran bunga serta pinjaman pokok sangat membantu Anda.

Ingatlah bahwa mengabaikan tagihan bukanlah ide yang baik, tidak peduli seberapa besar jumlah tagihan Anda. Jika Anda tidak dapat membayar tagihan, maka menghubungi pemberi pinjaman atau kreditor merupakan langkah yang tepat.

Editor : Ranto Rajagukguk