Investor Kripto Cepat Naik, Hampir Sama dengan Pasar Modal

Anggie Ariesta ยท Senin, 12 Juli 2021 - 19:32:00 WIB
Investor Kripto Cepat Naik, Hampir Sama dengan Pasar Modal
Jumlah investor kripto hampir sama dengan pasar modal. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Jumlah investor kripto meningkat pesat, terutama dari kalangan milenial. Bahkan, jumlahnya kini hampir sama dengan investor pasar modal.

“Investor (kripto) cepat banget naiknya hampir 5 jutaan, hampir sama dengan investor pasar modal yang sekitar 5,6 juta,” kata Direktur MNC Sekuritas Susy Meilina dalam Webinar Series Strategi Investasi di Masa Pandemi, Senin (12/7/2021).

Karena itu, menurut dia, perlu cara-cara terbaru untuk meningkatkan jumlah investor di pasar modal. Sementara bagi investor pemula yang ingin berinvestasi di pasar modal atau kripto disarankan belajar dasar investasi sebelum berinvestasi supaya mentalnya lebih siap ketika terjun ke investasi saham atau kripto. 

Soal kripto, Direktur Ekuator Swarna Investama Hans Kwee mengatakan, kripto bukan mata uang karena tidak diakui oleh beberapa bank sentral sebagai alat pembayaran. 

“Karena tidak diakui bank sentral, dia (kripto) masuknya ke komoditas,” ujarnya. 

Dilihat dari nilai fundamentalnya, kata Hans, kripto juga tidak bisa dijadikan investasi karena mengacu pada demand dan supply. Uang kripto ini, menurutnya, sulit berkembang karena bank sentral tak mau mengakui. 

“Jadi kalau mau investasi di kripto boleh, tapi dananya jangan gede,” ucapnya. 

Hans pun menyarankan, bagi investor pemula, sebaiknya berinvestasi saham lebih dahulu untuk mengetahui dasar-dasar berinvestasi. Sementara bagi investor yang sudah mahir, menurut dia, bisa mencoba investasi kripto karena sudah paham analisa teknikalnya, namun dengan dana yang dibatasi. 

“Kita harus punya money management, harus diatur strategi uangnya,” kata Hans. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: