Investor Pasar Modal Indonesia Capai 8,62 Juta, Didominasi Generasi Milenial

Anggie Ariesta ยท Kamis, 02 Juni 2022 - 14:51:00 WIB
Investor Pasar Modal Indonesia Capai 8,62 Juta, Didominasi Generasi Milenial
Jumlah investor pasar modal Indonesia telah mencapai 8,62 juta investor per 28 April, generasi milenial mendominasi dengan 60,29 persen dari total investor. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan, jumlah investor pasar modal Indonesia telah mencapai 8,62 juta investor per 28 April 2022. Jumlah ini meningkat 15,11 persen dari posisi akhir tahun lalu.

Investor pasar modal Indonesia saat ini didominasi oleh generasi milenial atau yang berusia kurang dari 30 tahun, dengan jumlah mencapai 60,29 persen dari total investor.

"Meski mendominasi, nilai aset investor milenial masih tergolong cukup rendah di antara kelompok usia lainnya dengan total nilai Rp52,18 triliun," tulis OJK dalam keterangannya, Kamis (2/6/2022).

Sementara, nilai aset tertinggi berada pada kelompok dengan jumlah investor paling sedikit yaitu usia 60 tahun ke atas dengan nilai aset mencapai Rp566,04 triliun.

Jika tertarik ingin berinvestasi di pasar modal, OJK menekankan enam hal yang harus diperhatikan, di antaranya sebagai berikut:
- Pelajari dan pahami instrumen produk, dan teknik berinvestasi di Pasar Modal.
- Jangan mudah terbujuk rayuan atau janji-janji fix returned.
- Pastikan legalitas produk dan izin usaha penyedia jasa keuangannya.
- Gunakan dana lebih di luar kebutuhan pokok maupun dana cadangan darurat.
- Jangan berinvestasi menggunakan pinjaman apalagi pinjaman online ilegal. Ingat investasi bisa untung dan rugi, sementara cicilan itu pasti.
- Lakukan diversifikasi. Jangan berinvestasi hanya di satu produk atau tempat.

Untuk cek legalitas produk dan lembaga jasa keuangan yang berizin OJK cukup Kontak OJK 157. Atau bisa ke WhatsApp 081 157 157 157 dan email konsumen@ojk.go.id.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda