Janda Jeff Bezos Sedekah Rp38 Triliun ke 286 Organisasi, Berapa Hartanya Kini?

Aditya Pratama · Rabu, 16 Juni 2021 - 18:19:00 WIB
Janda Jeff Bezos Sedekah Rp38 Triliun ke 286 Organisasi, Berapa Hartanya Kini?
MacKenzie Scott. (Foto: Ist)

NEW YORK, iNews.id - Mantan istri pendiri Amazon Jeff Bezos, MacKenzie Scott menyumbangkan hartanya sebesar 2,7 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp38,38 triliun kepada 286 organisasi di seluruh AS.

Sumbangan itu difokuskan untuk pendidikan tinggi, seni, budaya, organisasi antikemiskinan yang dipimpin orang kulit berwarna, serta kelompok akar rumput yang mendukung masyarakat lokal. 

Scott tidak mengungkapkan berapa nominal yang diberikan ke masing-masing organisasi. Namun jika sumbangan diberikan dengan nominal yang sama, maka masing-masing organisasi akan menerima sekitar 10 juta dolar AS atau Rp142 miliar. 

Mengutip Forbes, salah satu penerima, Children's Defense Fund mengaku menerima 20 juta dolar AS atau setara Rp284 miliar. Angka tersebut merupakan sumbangan terbesar yang pernah mereka terima selama ini. 

Penerima lainnya, National Council of Nonprofits menyatakan, sumbangan dari Scott membantu pekerjaan mereka dalam mendukung puluhan ribu organisasi nonprofit di seluruh negeri. 

"Berterima kasih atas kepercayaan luar biasa yang diberikan MacKenzie dan Dan (Jewett, suami baru MacKenzie) terhadap pekerjaan kami," kata CEO National Coucil of Nonprofits, Tim Delaney. 

Sumbangan juga diberikan kepada sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Los Angeles, yang merehabilitasi mantan anggota geng dan membantu mereka menjadi anggota masyarakat yang bisa memberi kontribusi positif. 

Salah satu organisasi pendidikan yang menerima sumbangan dari Scott adalah DonorsChoose. Sementara organisasi seni, di antaranya Apollo Theater di Harlem, Alvin Ailey American Dance Theatre, Jazz di Lincoln Center dan L.A Arts Endowmment Fund. 

Menurut perkiraan Forbes, Scott telah memberikan sumbangan hampir 60 miliar dolar AS pada 2020 kepada 500 organisasi. Scott juga menandatangani prakarsa Giving Pledge, yang berjanji memberikan setengah dari kekayaannya untuk amal selama hidupnya, atau setelah kematiannya.

Dengan sumbangan yang baru diberikan, berdasarkan data Forbes terbaru, kekayaan Scott tercatat sebesar 59,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp851 triliun. Ini menjadikan dia sebagai orang terkaya urutan ke-22 di dunia. 

Editor : Jujuk Ernawati