Kembangkan Energi Terbarukan, PLN Dapat Dana Hibah Rp20 Miliar dari Prancis

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 18 Juni 2021 - 17:34:00 WIB
Kembangkan Energi Terbarukan, PLN Dapat Dana Hibah Rp20 Miliar dari Prancis
Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - PT PLN (Persero) mendapatkan pembiayaan dari lembaga keuangan asal Prancis, Badan Pembangunan Prancis atau Agence Francaise de Developpement (AFD) sebesar 1,2 juta Euro atau sekitar Rp20,6 miliar. 

Dana tersebut akan digunakan perseroan untuk mendukung pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga air (PLTA) Masang II, Sumatera Barat. Ini merupakan bagian dari program bauran energi baru dan terbarukan (EBT). 

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, AFD selalu mendukung perusahan listrik negara untuk program pengembangan kelistrikan di Tanah Air. 

“Hibah ini akan mendukung Environmental and Social Impact Assessment (ESIA) dan Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP) untuk proyek PLTA Masang II,” kata Zulkifli, Jumat (18/6/2021). 

Ini merupakan dukungan pembiayaan kedua kalinya dari AFD kepada PLN. Pada 2017 lalu, AFD telah mendukung PLN untuk studi kelayakan dalam proyek yang sama.

"Hal ini menunjukkan komitmen dan dukungan berkelanjutan dari AFD untuk pengembangan energi terbarukan di Indonesia,” ucapnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2