Layanan BSI Tiga Hari Gangguan, Ternyata Ada Serangan Siber
JAKARTA, iNews.id - Layanan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) kembali normal hari ini, Kamis (11/5/2023), setelah mengalami gangguan selama 3 hari, tepatnya sejak Senin (8/5/2023).
Direktur Utama (Dirut) BSI, Hery Gunardi, menyampaikan seluruh layanan perbankan BSI sudah dapat diakses oleh nasabah BSI hari ini. Adapun layanan yang bisa diakses ialah perbankan mobile maupun cabang BSI di seluruh Indonesia, sebanyak 2.500 kantor.
"Alhamdulillah pada hari ini seluruh layanan cabang kembali normal. Teman-teman bisa coba aja sudah di-up layanannya dan bisa dilakukan oleh nasabah seperti biasanya," kata Hery, dalam konferensi pers, di Jakarta, Kamis (11/5/2023).
Dia mengungkapkan, gangguan pada layanan BSI lantaran serangan siber pada sistem keamanan BSI. Itu sebabnya, manajemen BSI memutuskan untuk melakukan switch off pada beberapa channel layanan guna menjamin sistem keamanan bank syariah aman.
"Kami menemukan adanya indikasi, dugaan serangan cyber, sehingga kami perlu melakukan evaluasi dan juga melakukan temporary switch off beberapa channel untuk memastikan sistem keamanan kami aman," ungkap Hery.
Dia menjelaskan, manajemen BSI terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik regulator yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), pemegang saham, dan stakeholder lain termasuk lembaga pemerintah, untuk memastikan adanya serangan siber.
"Terkait dugaan serangan cyber pada dasarnya perlu pembuktian yang lebih lanjut melalui audit dan digital forensik," kata Hery.
Dia mengatakan, BSI berkomitmen untuk terus memperkuat pertahanan dan keamanan siber demi kepentingan nasabah. Pihaknya juga tidak henti mengingatkan nasabah untuk terus menjaga kewaspadaan dan berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan serta kejahatan digital mengatasnamakan Bank Syariah Indonesia.
“Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyaman ini dan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada BSI,” kata Hery.
Saat ini seluruh layanan perbankan, baik ATM BSI, Mobile Banking, dan layanan seluruh kantor cabang sudah dapat digunakan oleh para nasabah.
Editor: Jeanny Aipassa