LPS Turunkan Tingkat Bunga Penjaminan Rupiah

Kunthi Fahmar Sandy ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 17:19 WIB
LPS Turunkan Tingkat Bunga Penjaminan Rupiah

LPS menetapkan penurunan tingkat bunga penjaminan untuk simpanan rupiah di bank umum dan BPR masing-masing 25 bps. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menetapkan penurunan Tingkat Bunga Penjaminan untuk simpanan rupiah dan valuta asing di Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) masing-masing sebesar 25 basis poin (bps). Adapun tingkat bunga penjaminan LPS di bank Umum untuk rupiah menjadi 5,25 persen, valas 1,5 persen dan rupiah di BPR menjadi 7,75 persen.

Ketua Dewan Komisioner Halim Alamsyah menjelaskan, tingkat bunga penjaminan tersebut berlaku per 30 Juli 2020 sampai 30 September 2020.

"Kebijakan penurunan tingkat bunga penjaminan simpanan tersebut dilakukan berdasarkan perkembangan terkini suku bunga pasar simpanan, kondisi likuiditas perbankan, kinerja beberapa indikator perekonomian, serta mempertimbangkan prospek stabilitas sistem keuangan," ujar Halim di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan utama Dewan Komisioner LPS dalam penetapan Tingkat Bunga Penjaminan periode Juli sampai September 2020 adalah kondisi dan prospek likuiditas industri perbankan yang terpantau masih relatif stabil, meskipun beberapa faktor risiko makroekonomi perlu diwaspadai.

"Salah satu pertimbangan evaluasi tingkat bunga penjaminan LPS ialah perkembangan Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) yang masih terjaga di tengah volatilitas pada kinerja pasar keuangan dan meningkatnya dampak negatif pandemi Covid-19 pada kinerja perekonomian," katanya.

Editor : Dani Dahwilani