Makan Gaji Buta, Adik Elon Musk Terancam Tak Dipilih Kembali Sebagai Direktur Tesla

Jeanny Aipassa ยท Senin, 27 September 2021 - 15:31:00 WIB
 Makan Gaji Buta, Adik Elon Musk Terancam Tak Dipilih Kembali Sebagai Direktur Tesla
Elon Musk (kiri) dan Kimbal Musk. (Foto: Istimewa)

NEW YORK, iNews.id - Kimbal Musk, adik dari CEO Tesla Inc, Elon Musk, terancam tak dipilih kembali sebagai direktur eksekutif yang menjadi anggota Dewan Tesla

Hal itu, terkait dengan laporan perusahaan penasihat proxy terbesar, Institutional Shareholder Services (ISS), yang mendesak pemegang saham Tesla menolak pencalonan kembali Kimbal Musk, sebagai direktur perusahaan otomotif Amerika Serikat (AS) itu. 

Selain Kimbal Musk, ISS juga merekomendasikan James Murdoch tidak dipilih kembali sebagai direktur yang merupakan anggota Dewan Tesla. James Murdoch pernah dikabarkan menjadi kandidat terkuat yang akan menggantikan Elon Musk sebagai CEO Tesla. 

Kimbal Musk adalah pengusaha makanan yang juga menjabat di dewan SpaceX milik Elon Musk. James Murdoch, yang merupakan putra maestro media Rupert Murdoch, adalah chief executive officer 21st Century Fox dari 2015 hingga 2019. 

Dalam laporan yang diterbitkan pada 24 September 2021, ISS menyatakan Kimbal Musk dan James Murdoch tidak memberi kontribusi signifikan kepada perusahaan, namun mendapat gaji yang fantastis dibandingkan direksi yang bekerja untuk Tesla. Dengan kata lain, Kimbal Musk dan James Murdoch dinilai makan gaji buta. 

"Suara melawan direktur Kimbal Musk dan James Murdoch karena kekhawatiran mengenai gaji yang berlebihan kepada kedua direktur eksekutif ini, dibandingkan kepada direktur non-eksekutif yang bekerja untuk perusahaan," tulis ISS. 

Dewan Tesla memiliki sembilan direktur. Kimbal Musk dan Jame Murdoch, keduanya berusia 48 tahun, adalah dua direktur yang namanya masuk dalam daftar direktur yang akan dipilih kembali dalam Rapat Pemegang Saham Tahunan Tesla, pada 10 Oktober mendatang. 

ISS menyatakan, kedua direktur tersebut telah menerima gaji yang lebih besar tanpa alasan yang meyakinkan dan tidak ada penjelasan mengapa gaji keduanya jauh lebih besar daripada kompensasi bagi direktur yang bekerja di Tesla bahkan di perusahaan sejenis.

"Direktur non-karyawan Tesla mendapat kompensasi yang tinggi dibandingkan dengan direktur karyawan di perusahaan, bahkan di sektor dan indeks GICS yang sama, atau bahkan dibandingkan dengan direktur perusahaan publik terbesar AS. 

ISS menyebutkan, Direktur Robyn Denholm dan Hiromichi Mizuno menerima total kompensasi masing-masing sebesar 5,76 juta dolar AS dan 9,23 juta dolar AS, sementara direktur yang akan keluar Antonio Gracias menerima kompensasi sebesar 1,19 juta dolar AS. 

Sementara Kimbal Musk dan James Murdoch mendapat gaji dan kompensasi jauh di atas itu. Investor ekuitas swasta, Antonio Gracias, dilaporkan tidak akan mencalonkan diri kembali dan tidak akan diganti. 

"Bahkan dalam beberapa kasus, sebagian besar kompensasi diberikan dalam bentuk hibah opsi saham senilai 5,63 juta dolar AS untuk Denholm, 9,21 juta dolar AS untuk Mizuno, dan 1,16 juta dolar ASuntuk Gracias,” bunyi laporan ISS.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda