Maksimalkan Analisis Investasi Saham, Gunakan Menu Foreign Transaction di Aplikasi MNC Trade New

MNC Media · Rabu, 23 Juni 2021 - 13:13:00 WIB
Maksimalkan Analisis Investasi Saham, Gunakan Menu Foreign Transaction di Aplikasi MNC Trade New
Data net sell dan net buy asing dapat diakses pada menu Foreign Transaction pada aplikasi MNC Trade New.  (Foto: MNC Media).

JAKARTA, iNews.id – Salah satu data yang dapat menjadi pertimbangan dalam menjual atau membeli suatu saham yaitu net buy dan net sell asing. Net buy terjadi jika transaksi beli lebih besar daripada transaksi jual, sementara net sell terjadi jika transaksi jual lebih mendominasi dibandingkan transaksi beli. 

Di pasar modal Indonesia, ada investor lokal dan investor asing. Investor asing bisa berupa perorangan maupun institusi yang bukan merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Head of Marketing Online Trading MNC Sekuritas Thomas Hadibowo mengungkapkan net buy dan net sell asing digunakan untuk mengukur keyakinan investor asing terhadap pasar atau suatu saham.

Meskipun transaksi investor lokal mulai mendominasi pasar modal Tanah Air, tidak dapat dipungkiri bahwa porsi investor asing yang terbilang masih cukup banyak jika dibandingkan dengan kepemilikan saham investor lokal.

“Sederhananya, ketika tercatat net buy asing yang besar di suatu saham, maka akan ada kecenderungan saham naik. Sedangkan tercatat net sell asing selama beberapa periode, maka harga saham cenderung akan turun. Perlu dicatat, tentunya indikator teknikal lainnya harus diperhitungkan juga,” kata Thomas.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2