MNC Asia Holding (BHIT) Cetak Pendapatan Rp4,69 Triliun di Kuartal I 2023
JAKARTA, iNews.id - PT MNC Asia Holding Tbk (BHIT) membukukan pendapatan bersih kuartal I 2023 sebesar Rp4,698 triliun. Angka ini naik dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp4,684 triliun.
Pendapatan tersebut terutama berasal dari berasal dari iklan nondigital sebesar 26,3 persen dari total pendapatan konsolidasi, diikuti pertambangan 15,6 persen; iklan digital 15,2 persen; TV berbayar dan broadband 13,6 persen; konten dan IP 7,3 persen; bank 7,3 persen. Selain itu, pembiayaan, efek, dan asuransi nondigital 6,5 persen; subscription 2,6 persen; pembiayaan, efek, dan asuransi digital 1,4 persen; dan lain-lain 4,2 persen.
Sementara EBITDA perseroan sepanjang tiga bulan pertama tahun ini tercatat sebesar Rp1,727 triliun, mewakili margin EBITDA 36,8 persen. Sedangkan laba bersih BHIT melonjak 6 persen secara tahunan (year on year/yoy) dari Rp789,7 miliar pada kuartal I 2022 menjadi Rp837,0 miliar pada kuartal I 2023, atau setara dengan 17,8 persen dari total pendapatan.
Adapun total aset perusahaan pada kuartal I 2023 sebesar 69,55 triliun, liabilitas sebesar Rp29,4 triliun. Sedangkan total ekuitas tercatat mencapai Rp40,14 triliun.
Berikut update bisnis anak usaha perusahaan:
Media & Entertainment
Anak usaha perseroan, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) berhasil meningkatkan kinerja keuangannya secara kuartalan (QoQ). Dari sisi belanja iklan, MNCN masih menyerap hampir setengah dari belanja iklan nasional pada kuartal I 2023 sebesar 45,1 persen.
MNCN melihat hambatan yang saat ini terjadi terhadap kepercayaan pengiklan bersifat sementara, karena prospek pada kuartal II 2023 dan seterusnya akan positif dengan adanya kejelasan yang lebih baik tentang dampak kebijakan Analog Switch Off (ASO), serta segenap rencana program berprofil tinggi yang akan disiarkan selama periode tersebut.
Pangsa pemirsa di kuartal I 2023 juga tercatat sebesar 44,8 persen selama prime-time, sementara MNCN menempatkan 12 programnya di 20 acara teratas untuk periode yang sama. Pada kontribusi pendapatan, prime-time masih memberikan kontribusi yang sehat sebesar 51 persen (49 persen nonprime-time), iklan nonreguler menambahkan 22 persen (78 persen iklan reguler), dan terakhir, program reguler di 79% (21% program khusus), menunjukkan ketergantungan yang kuat pada kemampuan pemrograman hariannya.
PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) yang merupakan anak usaha perseroan merupakan produsen konten nomor satu di Indonesia, memberikan berbagai program berkualitas tinggi dari serial drama, reality show, animasi, film, dan infotainment.
Dari konten tersebut, MSIN telah memperoleh lebih dari 189,9 juta subscribers (termasuk MCN) dan hampir 68,8 miliar views di YouTube saja. Di Facebook dan TikTok, perseroan mengumpulkan lebih dari 67,6 juta subscribers dan 356,3 juta followers.
Selain itu, MSIN juga mengoperasikan aplikasi RCTI+ (Advertising-based Video On Demand) dan Vision+ (Subscription-based Video On Demand). Pada kuartal I 2023, RCTI+ telah menarik 67,8 juta pengguna aktif bulanan, sedangkan Vision+ memperoleh hampir 40 juta pengguna aktif bulanan dan lebih dari 2,4 juta pelanggan berbayar.
Saat ini, operasional portal online perseroan sedang dirombak agar memiliki sinergi yang lebih kokoh di antara seluruh anak perusahaan MNC Media, yang pada akhirnya akan semakin meningkatkan kinerja portal MSIN dalam hal engagement dan pendapatan. Pada kuartal I 2023, berbagai portal umum dan berita milik perseroan telah memiliki hampir 57,2 juta pengguna aktif bulanan.
Jasa Keuangan
PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) terus meningkatkan kapabilitasnya melalui berbagai inisiatif digital. MotionBanking merilis 3 fitur baru, yaitu pengajuan kartu kredit online, split bill, dan transfer dana menggunakan nomor handphone. Selain itu, MotionBanking bekerja sama dengan TASPEN, memudahkan pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan transaksi penarikan uang pensiun tanpa harus datang secara fisik melalui Tabungan Pensiun Motion.
Sedangkan pada sektor pasar modal syariah, MotionTrade berhasil membuat terobosan melalui beberapa fitur baru filantropi, antara lain akses cepat ke menu filantropi, infak dan wakaf tunai maupun saham mulai dari 1 lembar saham, donasi rutin, serta laporan bulanan penyaluran donasi.
MNC Sekuritas memiliki 30 produk reksa dana syariah di MotionTrade, dan berhasil mencatatkan pertumbuhan investor syariah hingga 175 persen dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. MNC Sekuritas juga berhasil memenangkan Penghargaan Galeri Investasi BEI 2022 dan 3 penghargaan dalam 12th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2023.
Di samping itu, MotionPay berkolaborasi dengan Ultra Voucher meluncurkan fitur MotionVoucher pada 2023. MotionVoucher menyediakan beragam promo menarik dalam bentuk voucher digital dari ratusan merchant seluruh Indonesia, dengan berbagai pilihan kategori seperti Food & Beverage (F&B), fashion, entertainment, lifestyle, dan masih banyak lagi, yang dapat digunakan langsung dari aplikasi MotionPay.