MNC Leasing Tawarkan Pembiayaan Syariah Dana Haji untuk Karyawan Perhutani

Djairan ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 13:56 WIB
MNC Leasing Tawarkan Pembiayaan Syariah Dana Haji untuk Karyawan Perhutani

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara MNC Leasing dengan Koperasi Jasa Bina Silva Karyawan Perum Perhutani di Kompleks Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Rabu (24/6/2020). (Foto: iNews.id/Djairan)

JAKARTA, iNews.id - PT MNC Guna Usaha Indonesia (MNC Leasing) menjalin kerja sama dengan Perum Perhutani untuk memasarkan produk pembiayaan syariah dana haji. Kerja sama tersebut untuk mempermudah sekitar 18.000 karyawan Perum Perhutani naik haji.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara MNC Leasing dengan Koperasi Jasa Bina Silva Karyawan Perum Perhutani di Kompleks Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Direktur Keuangan MNC Leasing, Henri Gunawan mengatakan, 18.000 orang karyawan Perum Perhutani di seluruh Indonesia menjadi target utama pembiayaan haji tersebut. Produk ini dinilai memiliki prospek besar ke depan, sehingga menjadi salah satu fokus utama perseroan.

“Kita bekerja sama dengan Perum Perhutani, karena memang merupakan salah satu BUMN terkemuka di Indonesia. Dalam hal pembiayaan dana haji ini, kita targetkan untuk 18.000 karyawan, yang nantinya bisa mengajukan pembiayaan di koperasi Perum Perhutani,” ujarnya.

Henri mengatakan, MNC Leasing akan membuka layanan pembiayaan dengan skema cicilan 1-5 tahun bagi karyawan Perum Perhutani, melalui Koperasi Jasa Bina Silva Karyawan.

Untuk tahap awal, program itu akan dimulai pada Juni-Desember 2020 dengan target pembiayaan untuk 1.000 orang karyawan.

“Saya pastikan kami bebas dari hal riba yang selamana ini dipertanyakan, mulai dari akad hingga proses ibadah haji itu sendiri. Ini yang membedakan MNC Leasing dengan pembiayaan konvensional lainnya. Kalau dibandingkan dengan kompetitor lain, insyaallah kami yang paling kompetitif,” kata Henri.

Dalam pelaksanaanya, MNC Leasing akan diarahkan langsung oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) selaku Dewan Pengawas Syariah. Dengan begitu, dalam proses pembiayaan hingga pelayanan keberangkatan peserta haji akan dilakukan sesuai prosedur syariat yang berlaku.

Indianto Suhardi selaku pengelola Koperasi Jasa Bina Silva Karyawan Perum Perhutani menyebut, MNC Leasing tidak hanya menyediakan layanan pembiayaan haji saja, melainkan juga ikut mengurusi proses pemberangkatan jamaah. Inilah yang membedakannya dengan produk pembiayaan serupa lainnya.

Editor : Rahmat Fiansyah