Motion Banking Siap Jadi Bank Digital Terdepan, Ini Strategi MNC Bank
JAKARTA, iNews.id - MotionBanking hadir sebagai solusi perbankan digital di Indonesia. MotionBanking siap menjadi bank digital terdepan di Indonesia dengan menerapkan sejumlah strategi.
Di tengah persentase inklusi keuangan masyarakat dan literasi keuangan masih kurang dari 50 persen, namun tingginya penerasi internet dan smartphone bisa menjadi peluang untuk meningkatkan jumlah nasabah bank. Pasalnya, MotionBanking memberikan kemudahan nasabah mengakses perbankan.
Sementara itu, data menyebutkan, inklusi keuangan di Indonesia baru 49 persen dan literasi keuangan 38 persen dari total populasi di Indonesia. Ini menjadi tantangan, apalagi lebih dari setengah populasi juga masih unbanked.
"Sebanyak 23 persen populasi sudah banked, 26 persen underbanked, dan 51 persen unbanked (tidak memiliki rekening bank)," kata Direktur Utama PT MNC Investama Tbk Darma Putra dalam Webinar HUT Koran Sindo ke-16 sesi I bertajuk "Bank Digital: Solusi Kemudahan Bertransaksi di Tengah Pandemi" di Jakarta, Rabu(30/6/2021).
Sebanyak 186 juta lebih individu berada di kelompok pendapatan menengah ke bawah, di mana 29 persen dari mereka punya akses kredit dan 71 persen tidak memiliki. Begitu pula 63 juta lebih UMKM, 26 persen memiliki akses kredit dan 74 persen tidak.
Tetapi, ada peluang yang bisa dilihat, yaitu dari penetrasi internet dan smartphone. Penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 73 persen, sementara penetrasi smartphone sudah menembus 70 persen dari populasi.
"Digitalisasi itu inevitable, tidak bisa dihindari. Melalui teknologi, perbankan ke depannya akan berfokus pada customer's journey, personalised banking, tech-based growth, dan diferensiasi produk," ujar Darma.
Maka dari itu, MotionBanking hadir sebagai solusi perbankan digital di Indonesia. Aplikasi MotionBanking diklaimnya ringan dan mudah digunakan.
"User interface-nya lebih friendly, produk dan fiturnya lengkap, reward-nya menarik, dan juga disertai open banking API," ucapnya.