Pasarkan 18 Ribu Produk UMKM, BCA Siapkan Platform e-Commerce

Hafid Fuad · Kamis, 15 April 2021 - 16:06:00 WIB
Pasarkan 18 Ribu Produk UMKM, BCA Siapkan Platform e-Commerce
Aktivis Sri Bintang Pamungkas resmi menggugat BCA ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Foto: Ant) 

JAKARTA, iNews.id - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyiapkan platform e-commerce khusus untuk memasarkan 18 ribu produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) secara digital

Inovasi platform e-commerce yang diberi nama "BCA UMKM Fest" itu, diharapkan dapat menggerakkan usaha pelaku UMKM dan membantu usaha mereka naik kelas. Dengan masuk ke platform tersebut, pelaku UMKM tidak hanya memasarkan produknya secara nasional, tetapi juga dapat melakukan ekspor. 

"Kami membantu kurasi produk UMKM yang siap onboarding. Tidak hanya untuk pasar nasional tapi juga ada 80 penjual yang siap melakukan ekspor. Untuk itu kami juga sudah memiliki  28 calon pembeli yang terkonfirmasi dari berbagai negara seperti India, Perancis, Italia dan lainnya. Produk yang mendominasi adalah makanan minuman, fashion, serta kayu dan furniture," ujar Presiden Direktur Bank BCA, Jahja Setiaatmadja, dalam webinar di Jakarta (15/4/2021).

Menurut Jahja, BCA menawarkan nilai tambah dalam e-commerce yang dimilikinya, sehingga tidak sama dengan e-commerce lain di Indonesia, baik dari sistem pembayaran, juga didukung dua perusahaan logistik. 

Dengan demikian, layanannya akan lebih baik dari e-commerce. Untuk pembayaran pun, dananya akan dicairkan bila barang dipastikan sampai di tangan customer, sehingga konsumen tidak dirugikan. 

"Untuk ekspor kami sudah menjalin komunikasi dengan Menteri Perdagangan dan diperkenalkan dengan puluhan atase perdagangan di berbagai negara," kata Jahja. 

Dia mengungkapkan, BCA UMKM Fest merupakan inovasi platform dari BCA yang akan diluncurkan mulai Jumat (16/4/2021). Sebagai salah satu institusi keuangan di Indonesia, BCA tentunya berkomitmen senantiasa mendampingi masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi berbagai tantangan di tengah kehadiran pandemi COVID-19. 

"BCA terus berupaya mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui berbagai expo virtual dan stimulus. BCA siap mendukung dan memberikan ruang bagi penggiat UMKM untuk bangkit bersama melalui rangkaian kegiatan BCA UMKM Fest," ujar Jahja.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda