Pemerintah Imbau Perusahaan Cairkan THR 2 Minggu Sebelum Lebaran

Koran SINDO ยท Jumat, 17 Mei 2019 - 09:15 WIB
Pemerintah Imbau Perusahaan Cairkan THR 2 Minggu Sebelum Lebaran

Menteri Ketenagakerjaan, M Hanif Dhakiri. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah mengimbau perusahaan untuk membayar tunjangan hari raya (THR) dua minggu sebelum Lebaran. Pembayaran THR yang lebih cepat akan membantu para pekerja mempersiapkan mudik.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M Hanif Dhakiri mengingatkan, perusahaan wajib membayar THR kepada pekerja yang telah bekerja selama sebulan secara terus-menerus.

“Jika mengacu pada regulasi, pembayaran THR dilakukan paling lambat H-7 Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Tapi saya mengimbau, kalau bisa pembayaran dilakukan maksimal dua minggu sebelum Lebaran agar pekerja dapat mempersiapkan mudik dengan baik,” katanya di Jakarta, kemarin.

Menaker telah menerbitkan Surat Edaran (SE) No 2/2019 tentang Pelaksanaan THR Keagamaan Tahun 2019. SE Pelaksanaan THR yang ditandatangani pada 14 Mei ini ditujukan kepada para gubernur di seluruh Indonesia.

Selain itu, untuk mengantisipasi pengusaha yang telat dan atau tidak membayar THR, sanksinya sudah diatur di Permenaker No 20/2016 tentang Tata Cara Pemberian Sanksi Administratif Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Politikus PKB ini menerangkan, kementerian telah meminta kepada masing-masing provinsi untuk membentuk Posko Satgas Ketenagakerjaan Pelayanan Konsultasi dan Penegakan Hukum THR Tahun 2019 untuk menampung aduan seputar THR.

“Kita juga meminta para gubernur beserta para bupati/wali kota untuk memperhatikan, mengawasi, dan menegaskan kepada para pengusaha di wilayahnya untuk melaksanakan pembayaran THR tepat waktu,” katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2