Potensi Dana Wakaf di Indonesia Tembus Rp217 Triliun

Rina Anggraeni · Kamis, 08 Oktober 2020 - 19:15:00 WIB
Potensi Dana Wakaf di Indonesia Tembus Rp217 Triliun
Kemenkeu mencatat berdasarkan data Bank Indonesia (BI) potensi wakaf di Indonesia bisa mencapai Rp217 triliun. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat berdasarkan data Bank Indonesia (BI) potensi wakaf di Indonesia bisa mencapai Rp217 triliun. Untuk itu, pemerintah harus bisa memaksimalkan potensi wakaf tersebut.

"Karena potensi itu hanya akan tetap jadi potensi, selama belum bisa direalisasikan," ujar Luky dalam diskusi virtual, Kamis (8/10/2020).

Dia mengatakan, realisasi potensi wakaf sebesar itu sebenarnya merupakan tanggung jawab bersama pemerintah bersama para otoritas terkait, sehingga membutuhkan kerja sama, partisipasi, serta dukungan langsung dari seluruh lapisan masyarakat. Sebab itu, pemerintah akan berkomitmen selalu mengembangkan Cash Waqaf Linked Sukuk (CWLS) tersebut.

"Kami siap bekerja sama dan bersinergi serta berkolaborasi dengan berbagai pihak, untuk pengembangan lebih lanjut," kata Luky

Dia menjelaskan, langkah berikutnya dari pemerintah adalah menerbitkan CWLS ritel. Di mana hal tersebut akan ditujukan bagi wakif-wakif yang sifatnya detail atau individu.

Upaya kerja sama akan dibangun bersama dengan pihak-pihak terkait, seperti misalnya BWI, Bank Indonesia, OJK, Kementerian Agama, KNEKS, dan lembaga lainnya. "Perihal bagaimana kita bisa merancang program ini, tujuannya bisa mengembangkan wakaf agar bisa lebih menarik," ujarnya.

Editor : Dani M Dahwilani