Simak Tips Mengatur Keuangan Awal Bulan Bersama Pasangan agar Tidak Boros

Rina Anggraeni ยท Sabtu, 26 Februari 2022 - 14:53:00 WIB
Simak Tips Mengatur Keuangan Awal Bulan Bersama Pasangan agar Tidak Boros
Mengatur keuangan merupakan suatu keharusan agar tidak boros. Simak tips mengatur keuangan awal bulan bersama pasangan, berikut selengkapnya! (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Mengatur keuangan merupakan suatu keharusan agar tidak boros. Terdapat berbagai tips mengatur keuangan awal bulan bersama pasangan yang bisa dipilih.

Mengelola uang sebagai pasangan bisa jadi sulit untuk diselesaikan dengan dua pendapatan dan dua situasi keuangan yang bergabung. Saat Anda mencoba mengelola uang bersama, mungkin akan ada perbedaan besar dalam pendapatan.

Tetapi tidak peduli betapa tidak nyamannya rasa, dua kata yang paling penting untuk diingat tentang pernikahan dan uang adalah: Jangan pernah berbohong. Sama seperti kejujuran sangat penting untuk kesuksesan hubungan apa pun, kejujuran sangat penting dalam setiap diskusi tentang uang.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips mengatur keuangan awal bulan bersama pasangan.

1. Gabungkan semua keuangan 

Pada tips ini, Anda dan pasangan menggabungkan pendapatan ke dalam rekening giro bersama, dan keduanya dapat menggunakan rekening tersebut dan berpegang pada anggaran yang telah disepakati. Semua uang masuk ke satu pot dan keluar dari satu pot.

Agar tips ini berhasil, Anda perlu duduk bersama pasangan Anda, menghitung pendapatan bersama Anda, dan kemudian mengukir dan menyepakati anggaran yang mencakup semua pengeluaran bersama, mulai dari perumahan hingga bahan makanan dan tagihan. 

Dengan skenario ini, Anda memiliki transparansi penuh dengan keuangan. Dalam hal ini, tidak masalah jika satu orang menghasilkan uang dua kali lebih banyak daripada pasangannya karena anggaran ini seimbang dengan penghasilan gabungan Anda. 

Jika pendapatan satu orang naik atau pendapatan orang lain turun, mereka akan saling menyeimbangkan. Tidak ada perbedaan antara Anda dan pasangan karena semua dana dan pengeluaran disimpan dan ditarik dari akun yang sama.

2. Susun Anggaran Rutin

Menyusun anggaran rutin tiap bulan penting dilakukan. Dengan melakukan ini, maka keuangan Anda dan pasangan akan tertata dengan baik. 

Adapun kunci sukses dalam mengatur keuangan yaitu membuat pengelolaan keuangan Anda bersama pasangan seoptimal mungkin. Berapa pun penghasilan yang diperoleh, Anda dapat memenuhi kebutuhan secara cukup.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda