Simak Tips Ngatur Duit ala Raditya Dika

Aditya Pratama ยท Sabtu, 04 Desember 2021 - 07:55:00 WIB
Simak Tips Ngatur Duit ala Raditya Dika
Persoalan finansial menjadi perhatian banyak orang dan dibutuhkan cara mengatur duit yang tepat. Simak tips ngatur duit ala Raditya Dika berikut ini. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Persoalan finansial menjadi perhatian banyak orang dan juga dekat dengan kehidupan sehari-hari. Untuk itu dibutuhkan cara mengatur duit yang tepat agar tidak terus menerus terjebak dalam keborosan.

Di masa pandemi seperti saat ini merupakan waktu yang tepat bagi setiap orang untuk mengatur duit mereka. Sebab, jika tidak bijak dalam mengatur keuangan maka bisa kewalahan dengan kondisi yang tidak terkontrol

Seorang penulis, vlogger, dan juga komika, Raditya Dika membagikan cara mengelola finansial ala dirinya yang mungkin bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Dikutip dari video di akun YouTube-nya, simak tips ngatur duit ala Raditya Dika sebagai berikut:

1. Beli barang untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain

Menurut pengamatan Raditya Dika, saat ini orang-orang banyak yang membeli barang bukan untuk diri sendiri, melainkan untuk menunjukkan dirinya ke orang lain. Menurutnya, kebiasaan tersebut salah karena membeli barang yang tidak ada manfaatnya.

Dia menyebut, cara yang benar adalah membeli barang untuk kebutuhan diri sendiri, bukan untuk orang lain. Jika hal tersebut terus menerus terjadi, maka hanya akan menjadikan boros karena keputusannya yang salah dalam membeli barang.

2. Waktu adalah teman terbaik untuk investasi

Raditya Dika menyebut, semakin lama berinvestasi, maka semakin besar hasil akhirnya. Dia mencontohkan ketika pertama kali menerima royalti pada tahun 2005 atas buku Kambing Jantan, di mana sisa hasil royalti setelah dipakai untuk kebutuhannya diinvestasikan untuk dana pensiun.

Menurut pengakuannya, saat ini dana pensiun yang telah terkumpul dari royalti dan ditambah dari pemasukan lainnya sudah mencukupi untuk dirinya pensiun.

3. Uang keluar harus lebih sedikit daripada uang masuk

Raditya Dika menyebut cara ini terbagi menjadi dua, antara meningkatkan uang masuk atau menekan uang keluar. Menurutnya, setiap orang harus memiliki cara pikir yang penting bahwa hubungan keuang pribadi yang sehat adalah untuk tahu bahwa uang masuk harus lebih besar daripada uang keluar.

4. Tidak berutang dan memberi utang

Raditya Dika sangat menjaga prinsip untuk tidak berutang dan memberi utang dari mulai awal dirinya bekerja sampai saat ini. Jika dia ingin membeli sesuatu dan uang yang dimiliki belum cukup, maka dia memilih untuk menabung terlebih dahulu agar keinginannya tercapai dan menghindari utang.

Begitu juga dia tidak ingin memberi utang kepada orang lain. Bukan tanpa alasan, dia khawatir utang tersebut akan menjadi tanggungan yang diberikan utang, dan menyebabkan hubungan dengan orang lain rusak karena utang.

Namun, dia mempersilahkan jika ada yang ingin berutang kepada aset yang bertumbuh, contohnya membeli rumah. Karena, jika berutang untuk membeli rumah maka nilainya akan terus bertambah setiap tahunnya.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: